30 Desember 2011

cara bikin gethuk

"Gethuk, asale saka tela...
yen ra pethuk, atiku rada gela.."
..
tulisan saya kali ini, mengenai gethuk, asal'e saka tela...
hahaha..
dasar orang aneh, sekarang hari Jumat, dan besok Senin ada Ujian Akhir Semester,
tapi kenapa passion untuk belajar belum rising up di otak saya..

jadinya, saya posting saja cara membuat gethuk...

pertama...
bedhol jendral, atau ambil singkong dari pekarangan (kalau punya),kalau tidak yaa..ambil di pasar, kasih duit ke penjual..

kupas kulitnya, bersihkan dengan air,,,

lalu, kukus singkong sebagaimana mestinya, tanpa ditambah apa2..dikukus saja jadilah singkong matang seperti ini..
selagi masih hangat,,,tumbuklah singkong hasil kukusan ini menjadi selembut yang Anda inginkan...
kamudian, campurkan dengan gula merah sebanyak yang Anda suka...
jangan lupa dicairkan dulu seperti ini ya..
kalau sudah, campurkan juga parutan kelapa agar gurih..
dan aduk-aduk hingga lembut.
dan bentuk bola-bola..atau bentuk lain yang Anda suka..
jadilah GETHUK...

pergilah ke tanah lapang

Bukan, bukan aku yang menginginkan kau hadir di sini.
Tiba-tiba saja kau ada.
Dan membuat mendung.
Dan membuat semuanya salah langkah.

Aku hanya ingin kau pergi.
Dengarlah suara dariNya.
Maka jangan lagi berkunjung.
Hengkanglah kau dari sini..

Aku tidak ingin kau melihatku lagi.
Pergilah,
Karena kau lebih baik tak pernah ada..

Bukankah tanah lapang itu ada untukmu?
Bukan hati yang sempit ini..

when you fall down, just try again...

the song from Westlife which I love so much...hee..
Hush now don't you cry
There will be a better day
I promise you
We can work it out
But only if you let me know
What's on your mind
Baby, you thought it was forever
Through any kind of weather
But some day you will find what you're searching for
Try again
Never stop believing
Try again
Don't give up on your love
Stumble and fall
Is the heart of it all
When you fall down
Just try again
Smile now, let it go
Hey, you will never be alone
I promise you
If you can't fight the feeling
Surrender in your heart

Remember love will set you free
Baby, you thought it was forever
You would always be together
But someday you will find what you're searching for
Try again
Never stop believing
Try again
Don't give up on your love
Stumble and fall
Is the heart of it all
When you fall down (down)
Just try again
Baby, when a heart is crying
Its sometimes feels like dying
The tear drops fall like rain

Baby, you thought it was forever
You would always be together
But someday you will find what you're searching for
Try again
Never stop believing
Try again
Don't give up on your love

Try again
just try again
Never stop believing
Try again
Don't give up on your love

Stumble and fall
Is the heart of it all
When you fall down
Just try again

suatu pagi di Lereng Sindoro

dia berangin,
kadang berawan,
atau cerah paripurna..

kadang gerimis..
atau abu-abu dengan mendung menggantung.

seperti pagi ini,
cerah,
tapi tak mampu kulihat biru puncaknya..

atau kemarin,
gerimis kecil,
dihiasi gagah tubuhnya..

pandanglah ke barat dari sini...
maka kau akan dapat melihat
bagaimana dia pagi ini..

Dia tak pernah murka,
dan dia hanya menghembus saja..
bukan untuk kita menggerutu..

TEGAS

bersikap tegaslah dalam hidup.
saya mempelajarinya dari ibu..
beliau malah jauh lebih tegas dari ayah..
beliau tidak pernah memerintahkan saya untuk tegas,
tapi beliau melakukan, dan tahu-tahu, saya mampu belajar sepertinya..

karena tegas bukan berarti keras,
tegas bukan berarti galak..
hanya tegas saja..

menjawab IYA jika memang iya,
dan TIDAK jika memang tidak..
bukan mengiyakan yang tidak-tidak,
atau bahkan menolak kebenaran..

saya belum setegas ibu, atau sosok-sosok lain yang terkenal dengan ketegasannya.
tapi kawan, bersikap tegas itu baik.
maka marilah bersikap tegas,
dan ingatkan saya jika saya tidak tegas.

29 Desember 2011

jendral

Tulisan saya kali ini, tentang Jendral, yang artinya singkong untuk daerah Temanggung dan sekitarnya, atau lebih tepatnya, Bansari dan sekitarnya, atau mungkin, malah Campuranom dan sekitarnya...

jendral, dalam bahasa di kampung saya artinya singkong.. kata almarhumah embah putri dulu, kenapa dinamai jendral, karena ia adalah bahan pangan yang serba bisa dibuat apa saja untuk memenuhi gizi masyarakat. Tiwul, gethuk, jendral goreng, jendral rebus, gaplek, samier, entho, kacamata, tape, kripik singkong, dan banyak lagi makanan pokok ataupun camilan yang bisa dibuat dari singkong atau jendral itu..itu baru ubinya, belum lagi daunnya...

Simpel saja perbandingannya, embah bilang, begitu juga dengan Jendral (dalam arti yang sebenarnya), bahwa Jendral adalah pangkat tertinggi yang harus serba bisa.. bisa memimpin, piawai memotivasi anak buah, jitu dalam menentukan strategi, dan apa saja, (dalam keyakinan embah), pasti mampu dilakukan oleh seorang jendral...

terlepas dari benar tidaknya terminologi jendral yang diyakini embah, saya akui memang begitulah adanya, saya adalah salah satu penggemar apapun makanan yang berasal dari jendral.. dan saya tidak bisa lupa bahwa yang namanya Cassava itu, singkong itu, ya jendral bagi saya..

sampai-sampai ketika saya magang di Wonosobo, ada Pegawai peternakan Sapi potong di sana bernama Pak Iding bilang "Mbaknya orang Parakan ya? orang sana itu sadis-sadis ya??"
Saya jawab, "kok begitu,Pak?"
"Lha kalian berani mencacah-cacah, memotong, menguliti, merebus, menggoreng, bahkan makan jendral.."

I'm sure

I'm sure I believe in Allah..
that my destiny lies on Allah's hand...

and that I may climb a mountain with you,
someone who has been prepared for me..

I may do snorkling with you,
at somewhere we want to go..

I may swing the snow to your face,
in someday we meet..

and I'm sure I believe,
that day will come.

and now we're waiting for us..
for that somewhere someday..

28 Desember 2011

let's get closer

Tidakkah kau ingin mengerti
Mengapa mereka tidak ingin bersentuhan dengan lawan jenis?
mengapa mereka mati-matian membela kebenaran?
Mengapa mereka pontang-panting menjaga hati dan pergaulan?
mengapa mereka senantiasa menahan pandangan?
Mengapa mereka memilih untuk selalu mengisi waktu dengan berbagai kebermanfaatan?
Mengapa mereka selalu menolong saudaranya yang sedang susah?
Mengapa mereka selalu tersenyum meski terluka?
Mengapa mereka ribut dalam penjagaan terhadap saudara mereka?

Tidakkah kau ingin lebih dekat dengan Tuhan daripada mereka?
Tidakkah kau merasa ingin lebih dicintai Tuhan daripada mereka?
Tidakkah kau ingin setiap maumu dipenuhi dengan baik olehNya?
Tidakkah kau ingin ketika segala kesulitanmu terselesaikan dengan segera?

Maka mendekatlah pada Tuhan seperti mereka mendekat padaNya.
Maka bersenanglah seperti mereka selalu bermesraan denganNya.

Dan ketika kau mendekat pada Tuhan dengan merangkak, Dia berjalan ke arahmu.
Ketika kau mendekat ke arah Tuhan dengan berjalan, Dia berlari menyongsong kedatanganmu.
Ketika kau berlari kepadaNya, Dia beringsut mendekat padamu.
Ketika kau ambil roket tercepat hanya untuk mendekat padaNya, Dia datang padamu melebihi kecepatan cahaya..

Dakwah Islam selalu menang..

Mungkin belum tempatnya di sini..
Mungkin belum saatnya sekarang..
Tapi lihatlah,
Bahkan Dia yang Maha Kuasa telah menjamin..
“Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.”

Bukan pada kedudukan tertinggi,
Bukan pada jabatan terkenal,
Bukan pada massa yang banyak..

Tapi pada ridhoNya,
Pada kejayaan kuasaNya..

Mungkin memang belum saatnya kita yang mengusung kemenangan itu.
Tapi yakinlah, kita akan terus bekerja bersama, setidaknya mendukung jalannya dakwah.. bukan menghambat, menghalangi, atau bahkan melarangnya berlangsung..

22 Desember 2011

teruslah menulis..

blog saya sering diintip, sama Anda juga kan?? (mulai GR)..
biarlah, selama Anda melakukannya dengan positif dan niat yang baik, semoga berpahala bagi saya dan Anda juga..haha..

pernah guru saya juga mengintip, dia bilang, teruslah menulis..

entah apa maksudnya, saya yang tidak suka basa-basi, menangkapnya dengan maksud lugas apa adanya..

ya. dan saya memang akan terus menulis..

seperti ketika kuliah kemarin, Prof Edjeng Suprijatna memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk terus menulis. "Mbok ya, laporan praktikum kalian itu dikirim ke media massa, biar jadi duit..kayak saya dulu, pernah ngirim laporan ke Suara merdeka dan dimuat di rubrik teknologi, dan saya dapat uang,,,"

hmmm, teruslah menulis.. tapi bukan karena untuk mendapatkan uang. uang memang penting, tapi bukan itu satu-satunya tujuan..

Salim A.Fillah, sang penulis buku motivasi Islami juga pernah mengatakan beberapa hal mengenai menulis. kurang lebih begini,, "Teruslah menulis dengan hati, dan bukan untuk menggurui, bukan untuk sok pintar.. Menulislah untuk lebih menimba ilmu, agar tulisan kita mampu menginspirasi.." Yaa...cukup sulit mengejawantahkannya dalam tulisan yang sangat simpel ini.. intinya, menulislah dengan hati..

hmmm. untuk Anda yg sedang mengintip, jangan mau hanya jadi pengintip, jadilah penulis.. meski yang kita tulis adalah curahan2 hati.. karena kita pasti akan merasakan perbedaan setelah menulis..hmmm...

after all this time...

After all the broken stones, that were thrown for no good reason,
Inside, she is loving him still, After all this time,
And though her heart bears the scars, no sign of healing,
It’s alright, she is loving him still, After all this time

CHORUS
Trying to push the past away,
Still waiting for the lights to change,
But she’ll try, try,
For the sake of their pride, pride,
Learning to barely feel the pain,
The thicker the skin the less the strain,
And though it’s really hurting,
She ain’t breakin, breakin, breakin,
She is loving him still,
After all this time,

Now he knows, his weakness shows, selfish soul,
Never changing, but that’s fine,
Cos she’s loving him still, after all this time
And to the outside eye, you see a family getting by,
And it all seems perfect, and that’s how she wants it,
Cos she’s loving him still,
After all this time,

CHORUS

After all, after all, after all this time

Oh, bones, have to grow,
Age it shows, though we try and hide it,
Inside, she is loving him still, After all this time
And behind his tired eyes,
She sees the boy with his arms wide,
Who made her feel like an angel,

Oh that’s why…
She is loving him still,
For the rest of her life,
She is loving him still,
For the last so many miles,
She is loving him still,
After all this time

21 Desember 2011

capek sih,, tapi..

hari ini, keluar kontrakan jam setengah delapan pagi.. dan pulang dari kampus jam setengah delapan malam..
capek sih..
kuliah tiga mata kuliah berturut2, postes, dan mengerjakan tugas..
capek sih...
tapi...
saya menemukan banyak ilmu hari ini..
tentang teknologi penyimpanan pangan, tentang menjadi seorang teman, tentang profesionalitas mahasiswa, tentang profesionalitas seorang panitia, belajar ketelitian, belajar grafis lebih jauh, belajar menata hati, menahan lapar dan yang paling penting, belajar mengatur waktu..

capek sih, tapi saya suka..
karena dengan banyak bekerja, kita akan banyak berpikir..itu menurut saya..

hikmahnya, saya jadi lebih tahu banyak tentang gif, jpg dan png..hihi..

18 Desember 2011

saat aku lanjut usia

Saat aku lanjut usia
Saat ragaku terasa tua
Tetaplah kau slalu disini
Menemani aku bernyanyi
Saat rambutku mulai rontok
yakinlah ku tetap setia
memijit pundakmu hingga ku tertidur pulas
genggam tanganku saat tubuhku terasa linu
kupeluk erat tubuhmu saat dingin menyerangmu
kita lawan bersama dingin dan panas dunia
saat kaki tlah lemah, kita saling menopang
hingga nanti di suatu pagi
salah satu dari kita mati,                    
sampai jumpa di kehidupan yang lain
Saat perutku mulai buncit
yakinlah ku tetap terseksi,
dan tetaplah kau slalu menanti
demi aku di malam hari...
genggam tanganku saat tubuhku terasa linu
kupeluk erat tubuhmu saat dingin menyerangmu
kita lawan bersama dingin dan panas dunia
saat kaki tlah lemah, kita saling menopang
hingga nanti di suatu pagi
salah satu dari kita mati,                    
sampai jumpa di kehidupan yang lain

sampai jumpa di kehidupan yang lain...

Sheila on 7

17 Desember 2011

karena kau maya

Biarkan aku tidak mengenalmu
Lewat maya..
Karena kutahu engkau ada,
Di dunia nyata..
Meski nyatanya kau masih maya...
Engkau belum nyata...
Engkau masih digenggamNya..

it's all about HEART

Begitulah manusia,
Memiliki grafik naik turun yang tak pernah bisa digambarkan.
Terutama masalah hati.
Kadang semangat karena yang dicintai, hingga menunjukkan grafik naik.
Atau menjadi turun karena dia yang kita cintai.
Dan karena hati adalah emosi,
Karena hati adalah energi...

Hati lah yang mengatur segalanya..
Namun kita lah yang memiliki hati..
Maka, jagalah hati untuk selalu terjaga..

kasmaran

ketika kita suka berlangganan status facebooknya lewat sms
ketika kita suka ngelike statusnya di facebook..

ketika kita rajin me-retwit twitternya..

ketika kita rajin baca tulisan di blognya..

ketika kita bahagia chatting dengannya..

ketika kita berbunga jika ada sms darinya..
atau hanya sekedar mendengar renyah tawanya di seberang telepon..

ketika kita tiba-tiba berdebar mengingatnya

ketika kita merasa sedang terpikirkan..

ketika kita tercekat karena senyumnya..

ketika kita ikut bahagia karena dia gembira..

ketika kita rela menolong kesulitannya..

ketika kita merasa selalu dalam perhatiannya..

tidakkah kita sadar kita sedang kasmaran?

hati-hati,
bukankah salah satu zina adalah hati yang berharap?
maka apa yg sebenarnya ada dalam niatan kita untuk selalu begitu?
karena cinta dan nafsu kadang menipu


“Tercatat atas anak Adam nasibnya dari perzinaan dan dia pasti mengalaminya. Kedua mata zinanya melihat, kedua telinga zinanya mendengar, lidah zinanya bicara, tangan zinanya memaksa (memegang dengan keras), kaki zinanya melangkah (berjalan) dan hati yang berhasrat dan berharap. Semua itu dibenarkan (direalisasi) oleh kelamin atau digagalkannya.” (HR Bukhari).

hati-hati memang perlu, dan wajib

malam ini, kalau di kalender saya, malam minggu..
sebuah malam yang tidak ada bedanya dengan malam2 lain,
apalagi jika saya berada di Semarang..

kalau saya di rumah, saya pasti sedang nongkrong di ruang keluarga bersama ayah, ibu dan kakak-kakak saya..
meski hanya sekedar menikmati singkong goreng..

tapi kenyataannya kini saya sendiri, ditemani dunia maya.

dan diajak chatting dengan beberapa teman lama.
LAKI_LAKI..

yang saya lakukan adalah berhati-hati.
saya jawab pertanyaan mereka apa adanya,
agar tidak menjadi ada apanya..

hmm.. saya dibilang tambah dingin..
saya bilang, jaga jarak juga perlu.

maka berbahagialah ketika kita tidak nyambung untuk berbincang dengan lawan jenis,
untuk sebuah kehati-hatian.
karena hati-hati itu sangat perlu,
bahkan wajib,
hingga kita tidak terjerumus dalam pengotoran hati..

16 Desember 2011

bersaudaralah dalam iman

Ada beberapa persaudaraan yang terbangun..
Ada yang begitu saja kandas,
Seperti menara pasir tertiup anging..
Atau yang tetap kokoh sepanjang masa,
Bagai batu karang di tengah lautan..

Dan persaudaraan yang baik itu,
Bukan karena jabatan,
Bukan karena harta,
Apalagi karena wanita,

Persaudaraan karena iman,
Itulah yang akan selalu kuat,
Meski waktu terus berputar,
Meski usia menggerogoti..
Meski harta habis tak bersisa..
Meski tempat di mana saja..

Maka bersaudaralah, karena imanmu padaNya.

13 Desember 2011

Mahadewi..padi's

hamparan langit maha sempurna
bertahta bintang-bintang angkasa
namun satu bintang yang berpijar
teruntai turun menyapa aku

ada tutur kata terucap
ada damai yang kurasakan
bila sinarnya sentuh wajahku
kepedihanku pun terhapuskan

alam rayapun semua tersenyum
merunduk dan memuja hadirnya
terpukau aku menatap wajahnya
aku merasa mengenal dia

tapi ada entah di mana
hanya hatiku mampu menjawabnya
Mahadewi resapkan nilainya
pencarianku pun usai sudah

Mahadewi resapkan nilainya
Mahadewi tercipta untukku 



ini juga cukup baik instrumennya.. Piyu...


dan sangat puitis,,cocok untuk ditujukan pada ibu,,
sosok yang mampu menghapuskan kepedihan..

gigi's love song

Tak semestinya ku merasa sepi
Kau dan aku di tempat berbeda
Seribu satu alasan
Melemahkan tubuh ini

Aku disini mengingat dirimu
Ku menangis tanpa air mata
Bagai bintang tak bersinar
Redup hati ini

Dan ku mengerti sekarang
Ternyata kita menyatu
Di dalam kasih yang suci
Ku akui kamu lah cintaku

....cukup baik instrumennya..


ya iyalah, Dewa Bujana..

10 Desember 2011

nikah, connecting people

ngek...

saya kok begini ya??
ngomongin nikah mulu...
padahal juga belum pengen...
tapi kalo ada yang menawari yaaa....
gak tau juga ig...hehe

and now,,
gara-gara kemaren2 ke bookfair bareng teman saya, Iin..
beli buku Api Sejarah dan mampir sebentar ke stand asesoris..
eh, Iin nemu bros bertuliskan "Nikah, connecting people"
dia ketawa dan menunjukkan ke saya,,
saya kira hanya bercanda, eh, dibeli juga..

dan hal itu menginspirasi saya untuk membuat ini,,,
hehe...
nikah emang connecting people,
karena bukan hanya dua orang yang disatukan,
tapi dua keluarga..PEOPLE..
jadi, untuk anda yang belum siap, banyak2 puasa dulu ya..
sambil nunggu pangeran berkuda putih menawari jadi istri..hihihi..

9 Desember 2011

sabar menunggu

saat kita merasa dituntut untuk harus bersabar, sesungguhnya kita sedang agak tidak bersabar..

saat kita tidak sadar jika kita sedang menunggu... bisa jadi kita telah bersabar..

kadang saya tidak mengerti arti kesabaran dalam menunggu,,,

tapi kadang saya juga ikhlas atau biasa saja ketika menunggu..

kita akan ikhlas jika kita tahu..
seperti saat kita tahu bahwa sabar itu baik,
maka kita akan biasa saja..
kita akan ikhlas dalam kesabaran menunggu..

8 Desember 2011

kau tahu,
aku meradang,
dan aku takut..
kau menjadi seperti dia yang lain...

maka biarlah aku diam..
menunggu detik yang tepat.

meski begitu mudah bagi Tuhan..
untuk menjadikanku debu yang beterbangan..
sebelum ada apa-apa..

dilarang curhat di sini...

hati saya sedang labil,
sampai-sampai membuat jengkel saudara saya di kampus..

pikiran saya terlalu banyak,
tapi juga terlalu kosong.
seperti terlalu banyak yang dipikirkan
tetapi juga tidak terfokus pada pemikiran..

tidak ada solusi yang mampu saya temukan saat ini,
ingin bercerita, tanpa ada yang mungkin mampu mendengar

ingin berteriak, tanpa ada yang mendengar
ingin menangis, tanpa mengeluarkan air mata..

dan saya bimbang,
terlalu banyak yang terbengkalai
terlalu banyak yang menggerutu di belakang,
yang kecewa,
yang terburai,

seperti usus ayam korban tabrak lari..
tidak lagi berguna
karena mati pun tidak lewat tiga saluran...

semua karena saya ada..

terlalu banyak yang terlanjur berharap.
terlalu banyak saya berharap...

entah telinga itu mendengar saya atau tidak.
entah mata itu memandang saya atau tidak
dan entah hati itu merasakan atau tidak..

ada gundah di sini,
ada galau di sini,
ada gelisah tak berujung di sini...

bukan karena Tuhan tidak menganugerahi..

hanya karena kesyukuran itu tak pernah hadir,mungkin..

dan semuanya tampak kabur,
tidak jelas tanpa fokus..
atau mungkin resolusinya perlu diperbesar??

saya tidak mengerti kenapa harus begini..

7 Desember 2011

I love i

entahlah...

karena memang saya sedang jatuh cinta, maka saya ungkapkan saja..

kalau cinta ini pada seorang pria, saya tidak mau mengungkapkannya..

Islam, is all about peace,
terrorism it doesn't teach,,
it's all about love,
and family
and charity,,
and praying to one God...
this is Islam..

i Love Islam

wanna falling in love (again)

dulu, saya bandel..
dan hanya menganggap Islam sebagai agama yang kolot, jorok, ndeso..dan ah, pokoknya yang jelek2..
sampai2 saya ingin masuk di agama lain, yang isinya menyanyi, bersuka ria, dan bersama yang bersih-bersih, kaya-kaya,,semuanya yang baik..
tapi ternyata, ketika saya semakin jauh mengenal Islam, ketika rasanya saya begitu dekat dengan Allah, saya makin jatuh cinta..
hingga sekarang, saya tahu bahwa agama terbaik adalah Islam..
semuanya diatur..
bukan dikekang,, tapi karena memang semua urusan di dunia ini perlu diatur...

kawan saya yang sedang membaca tulisan kecil ini, mari kenali Islam lebih dalam, kenali Allah lewat agama ini...

saya sempat kehilangan rasa cinta yang begitu dalam terhadapnya, dan sekarang sedang berusaha membangunkan lagi, sekarang saya ingin jatuh cinta lagi padanya, pada Islam yang indah..karena Allah begitu indah, dan saya menemukan keindahannya yang mempesona dari sini, dari Islam..

kepada Islam yang indah

saya diajar untuk selalu berdakwah, artinya, mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran..
dan tujuan dakwah, bukan pada suatu lembaga, bukan pula pada suatu golongan..
tapi pada Islam,
Islam yang indah...
seperti tadi malam, saya mencoba menikmati buku Api Sejarah..
keren bukunya..
disana diceritakan bagaimana peran ulama dalam menegakkan agama Islam di Indonesia, bukan hanya itu, bahkan peran ulama dan santri lah yang TERNYATA mengantarkan Indonesia kepada kemerdekaannya...
saya suka membaca sejarah, dan ternyata saya telah banyak dibodohi olehnya,,
kebanyakan sejarah yang tertulis di Indonesia, dibuat oleh Belanda, yang mungkin beberapa ada benarnya, tetapi secara terang-terangan mendiskreditkan Islam..

terlalu panjang jika saya ceritakan di sini...

intinya, bukannya sok ekstrim, tapi saya memang cinta mati sama agama ini... dan ingin membuatnya jaya sampai kiamat..
kalau bukan kita, para muslim, yang men-JAYA-kannya, siapa lagi??

"Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya" (QS Ali Imran [3]: 19).

Sindoro batuk

saya berasal dari kota kabupaten yang sejuk, Temanggung...
dan selama kurang lebih seminggu ini, Temanggung sedang dilanda mendung..
yaa..agak-agak membuat gelisah *sedikit*

Gunung Sindoro dinaikkan statusnya dari aktif normal menjadi WASPADA,,,mulai tanggal 5 Desember 2011, pukul 20.00..
dan pagi kemarin,, bangun tidur, saya langsung mendapat informasi tentangnya..
hmm...saya terus stand by, cari info dari facebook, dari media, dan dari berita di kampung..

jika mendengar berita dari media saja, sumpah, saya terlalu khawatir..
padahal sesungguhnya, di rumah saya yang jaraknya cuma hitungan satuan kilometer dari Sindoro saja, tidak terjadi apa-apa...

maka di dalam ketakutan yang *sedikit* ini, saya berdoa padaNya untuk menjaga saudara-saudara saya di Temanggung...

dan jangan percaya seratus persen pada media sekarang ini, terlalu banyak bahasa berlebihnya..

6 Desember 2011

antara benci dan tidak

mungkin, saya terlalu banyak menilai seseorang.
baik dari kata-katanya, baik dari perilakunya,
atau dari berbagai macam hal mengenai seseorang.
dan saya berjanji pada diri sendiri,
untuk tidak terlalu membenci seseorang,
karena bisa jadi, benci itu berubah menjadi sesuatu yang disebut tidak benci,
atau bahkan tergila-gila..

maka,
bencilah orang lain sekedarnya,
karena bisa jadi,
ia akan menjadi seseorang yang kau cintai,
dan cintailah seseorang sekedarnya,
karena bisa jadi,
ia akan menjadi seseorang yang sangat kau benci

3 Desember 2011

senang sekali

senang sekali,
ketika pikiran kita hanya terfokus untuk kecintaan kita padaNya..
ketika usaha kita adalah bukti kemauan kita memenuhi keinginanNya..
ketika kerja keras kita berbuah sesuatu bernama cinta dari Nya..

senang sekali,
saat masa studi kita dipenuhi dengan belajar mengenai apapun.
tanpa harus merasa berdosa karena kita kotori
dengan perilaku menyimpang kita

senang sekali,
ketika kita menggunakan internet,
untuk mencari segala ilmuNya

senang sekali,
ketika kita menghabiskan waktu,
demi segala sesuatu tentangNya...

hingga nanti nafas terakhir berhembus,
nyawa melayang dari ubun-ubun..
kaki tertaut saking takutnya..

hingga nanti kain kafan membungkus..
di kolong tanah kita tinggal..
hanya Dia yang selalu kita ingat..

*sambil memohon agar Dia selalu menjagaku, kamu, mereka, kita semua...

I'm not hungry, master...

that phrase's been said by Po, the panda at Kung Fu Panda..

but I don't wanna tell you whether I'm in a hunger or not...
I just want to tell you,
I'm falling in love with God,
or somewhat very big who everybody calls...

ALLAH...

and if I feel falling in love,
sometimes I forget that I must eat something.
so I tell everyone,
that I'm not hungry anymore...
I'm not hungry, master...

bomb calorimeter

this is...what we always called.. a bomb calorimeter..

need to know your gross energy??
make your body into a pellet with pelleters,
and put it down inside the bomb head..
let it dancing with nikelin, water, oxygen, and all of the things needed inside this bomb calorimeter..
then you can found your gross energy..
wanna try it with yours??
Oops...don't do it to your body,
just at your feedstuff..
like I did last week at my mungbeans...
in an activity I called Nutrition Biochemistry Practice...

oh God..somebody someday..

O God..
o Allah...
thanks for always save me..

I know,
that somebody will come to me..
someday...

but please, don't let this feeling become arise at somebody,
today...

let it blow up someday..
and please..
let me be,
only Yours..

and if,
maybe someday I never met that somebody..
here, down on the earth...
please,,
let me be the one,
who meet and get that good "man"
inside the heaven...

MTP at Lerep, Ungaran

just wanna share how I was... at last weekend..
from Baturraden, Ungaran, Semarang...
and this is it...
how I've got the very first experience in caring on a milking cow...
with my friend, Jend..

me, at baturraden

pertamakalinya ke Baturraden..
ga happy-happy amat..
tapi juga pengen ke sana lagi...hehe,,
belum puas rasanya,,
dan saya memang tidak pernah puas untuk menikmati alam ini...
apalagi di surga nanti ya..hmmm
sekedar ingin narsis, bukan untuk diunduh..
biarlah apa adanya saya...

praktikum di lahan..

a very great experiences I've got in Baturraden..
the first time I saw the Mountain of Slamet...a very big one behind me...
and then I saw the pasture..
I saw the cows..
I feel the fresh mountainous air...
I feel the great friendship...
not bad if I have a good dream having a farm like that... many cows with a green and wide pasture...

1 Desember 2011

terimakasih..

aku tak pernah tahu apa yang sejatinya kau harap dariku
tapi setiap kali aku memikirkanmu,
mata ini terasa tak pernah kering,
dan nafasku tersengal,,
dan hati ini sakit
karena rindu...

jarak ku denganmu hanya beberapa langkah kaki,
dan jika aku ingin,
malam ini aku kan menggenggam tanganmu,
tersenyum padamu,
dan berkata,
betapa tak ingin aku mengecewakanmu..

engkau yang kini tak sekuat dulu,
yang ku tahu engkaulah yang selalu kukagumi..
hingga tak pernah ada yang menggantikan..

biarlah mata ini basah karenamu,
karena wanita di sisimu..
karena semua harap dan kasih yang telah kau curahkan..

bahwa kau yang terindah yang pernah kumiliki..
terimakasih, telah menjadi setia untukku, untuknya dan untuk mereka..

my December

I'll try to always do my best in every place I step.
not just in my study, my religion, or my contribution in political ways..
I love them all..
and this December, lots of duties I must finish,,
at the start, Annahl held a Talkshow..
then in the middle, I have some tasks..
and at the end, I'll having an examination...

no, I'm not busy,,,

I must be smarter in thought...
I must be more in work..
I just have to be more careful in do the tactics...

cause in Allah I trust..

24 November 2011

jangan makan sambil berdiri

Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu kebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi)

hari ini, kembali menyempatkan untuk mencari-cari bahan bacaan sebelum melakukan aktivitas yang menguras pikiran...

melihat-lihat berita tentang kesehatan di sebuah situs..

jangan makan sambil berdiri. simpel sekali alasannya.. karena ada sebuah survei yang dilakukan di sebuah negara yang mengatakan bahwa ketidakfokusan dalam makan membuat kalori yang masuk lebih banyak. misalnya, makan sambil nonton tv, makan sambil main game, atau makan sambil berdiri... karena hal tersebut membuat kita tidak mengontrol makanan yang masuk dalam tubuh.

hmmm, hadits nabi Muhammad SAW yang saya kutip di atas sangat simpel ya, namun terkadang sangat susah untuk dilakukan..

maka kawan, demi menghindari penyakit saluran cerna yang mengganggu di jaman ini, marilah kita makan dengan cara yang baik, tentunya memakan makanan yang baik pula...

tentang dunia pendidikan (lagi)

saya habis membaca artikel di kompas, mengenai pendidikan. bahwa rasio guru-murid di Indonesia adalah 1 : 18. yang berarti, satu guru mengampu sebanyak 18 murid..

Namun angka tersebut sama sekali tidak sebanding dengan keadaan pendidikan di negara ini. Yang jadi masalah utama adalah pendistribusian guru yang tidak merata..

saya yang hidup di Jawa sama sekali tidak merasa bahwa ternyata pendistribusian guru menjadi masalah yang pelik. karena mayoritas sekolah di jawa telah cukup dipenuhi oleh guru-guru sekolah sesuai bidangnya,,,

pernah saya mendengar berita di televisi, di satu kecamatan hanya ada satu sekolah, dengan hanya satu tenaga pengajar.. itu pun masih tenaga honorer.. dan semakin lama saya tahu, bahwa di berbagai daerah luar jawa, masih banyak sekolah yang terbengkalai karena ketiadaan guru dan keterpurukan fasilitas..

cita-cita saya untuk jadi guru, masih melekat hingga kini. meski saya mahasiswa peternakan..

hanya bisa berdoa, mereka yang jumlahnya ribuan itu, yang kini sedang menuntut ilmu di bidang keguruan, agar segera terketuk untuk selalu dapat lebih maju dalam hal apapun demi kemajuan pendidikan negeri ini.. karena bagaimanapun, salah satu hal maha penting yang menentukan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia adalah kualitas pengajarnya...hingga jika distribusi itu benar-benar merata, yang dari Jawa harus ke pelosok negeri, rasio 1:18 bukan hanya susunan angka saja,,

22 November 2011

bermimpi

tidak salah jika kita terus bermimpi, menetapkan target untuk mampu tercapai dan menjadi kenyataan.
tapi pertanyaannya, sudah sampai mana perjuangan kita untuk mewujudkannya? dan, untuk apa niat kita bermimpi??

seperti hadits Arbain pertama,

"Dari Amirul Mukminin, Umar bin Khatthab radhiallahu 'anhu, beliau berkata: Sesungguhny seluruh amalan itu bergantung pada niatnya dan setiap orang akan mendapatkan ganjaran sesuai dengan apa yang diniatkannya. Barang siapa yang berhijrah karena Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya menuju keridhaan Allah dan rasul-Nya. Barang siapa yang berhijrah karena mencari dunia atau karena ingin menikahi seorang wanita, maka hijrahnya tersebut kepada apa yang dia tuju." (HR. Bukhari no. 1, Muslim no. 155, 1907)

dengan niat apakah kita bermimpi??
akan sangat sia-sia jika niat kita bermimpi hanya untuk sesuatu bernama dunia, maka segala proses yang kita lalui pun akan terasa hambar..

namun jika kita meniatkan sebuah mimpi karenaNya, setiap proses yang kita lalui akan selalu penuh keajaiban

18 November 2011

there's a hero-Billy Gilman

There's a flower in the smallest garden 
reaching for the light  
There's a candle in the darkest corner 
conquering the night  
There is amazing strength in a willing hand
There are victories that you've never planned  
There's a hero in everybody's heart
There's a fire inside of everybody 
burning clear and bright  
There's a power in the faintest heartbeat
that cannot be denied  
Go on and trust yourself you can ride the wind  
You're gonna take your dreams 
where's they've never been  

There's a hero in everybody's heart

rame-rame ketawa

hari ini, memang sedang sedikit meluangkan waktu untuk sekedar berlama-lama blogwalking dan browsing...

saya duduk di sudut perpustakaan kampus dan menikmati layanan internet gratis di sana..

tiba-tiba ada keinginan untuk membuka youtube untuk melihat video clip yang sudah lama tidak saya nikmati..

sedih, terharu, tersenyum senang,, dan saya sendiri. hanya ditemani layar komputer.

tiba-tiba rekan di depan saya juga tertawa sendiri, yang membuatnya tertawa juga layar di depannya..

samping saya juga sedang bergumam tidak jelas, seperti mencari solusi dengan mengajak monitor berbincang..

beberapa teman lain juga begitu, sibuk dengan dunianya sendiri.
maka sejatinya kami terus tersenyum dan tertawa bersama, tapi kami masih sendiri..

beginilah dunia saya dan kebanyakan manusia jaman sekarang,
kadang lebih merasa nyaman dengan dunia maya..

padahal yang nyata di dunia maya, tetaplah maya..

sudah sampai dimana?

membaca berita di National Geographic membuat saya merinding..
ceritanya, ribuan orangutan dibunuh untuk kepentingan perut oleh sebagian orang di sana..

tulisan ini semoga bisa mengajak kawan-kawan untuk berpikir, sudah sampai mana peran kita sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa peternakan?

kami, di Jawa Tengah, bersama-sama mengkaji isu mengenai swasembada daging sapi untuk tahun 2014. dan ternyata, di Kalimantan sana banyak yang mungkin kekurangan daging ternak hingga rela membunuh orangutan untuk memenuhi kebutuhan akan protein hewaninya.

bukan apa-apa, seakan sia-sia jika mahasiswa peternakan hanya dicekoki informasi tentang masalah swasembada daging, tanpa diberi tugas untuk mengatasinya.

hmmm, jauh kesana, sepertinya ideologi yang diusung mahasiswa jaman sekarang sudah sangat jauh dibandingkan jaman dulu.

masih ingat kan betapa massive nya semua EGM bersatu menggulingkan pemerintah yang sewenang-wenang?

sekarang, mari, mulai dari dunia peternakan, kita bersatu untuk menggulingkan korupsi, memajukan teknologi, memenuhi kebutuhan protein hewani rakyat Indonesia..

memegang teguh ideologi itu penting, namun bersatu dalam perbedaan jauh lebih penting.

membaca untuk menulis

"Bacalah, dengan nama Tuhanmu yang menciptakan (seluruh makhluk)" (Al Alaq : 1)

bagi yang terbiasa menulis, pasti selalu bisa membuat tulisan berdasarkan apa saja yang dia lihat.

dan untuk pemula, kelancaran menulis selalu sebanding dengan banyaknya bacaan yang dibacanya.

dan perintah Tuhan untuk membaca, bukan hanya membaca tulisan, semua fenomena di alam, pasti mampu kita baca dan suratkan menjadi sebuah, atau bahkan ribuan tulisan.

maka, mungkin akhir-akhir ini kurva produktivitas menulis saya sedang mencapai titik nadhir.

hingga tak ada satupun tulisan yang menurut saya menggugah untuk dibaca.

maka, bacalah, apapun itu,

13 November 2011

sedikit keluhan

or maybe biting my tongue is better
close my ears,
close my eyes,
not knowing you anymore..

but God always understand,
the hole inside,
will never be full without you.
a friend in me.

I don't need a hug
or kisses
or even just a little gift.
because a good smile
makes better.

11 November 2011

Fire House - When I Look Into Your Eyes

nggombal mode on... I've found this song in my stuff, listen and feel... ordinary. I think it's good for us to play it with guitar. I love the intro..


I see forever when I look in your eyes
You're all I ever wanted, I always want you to be mine
Let's make a promise 'till the end of time
We'll always be together, and our love will never die

So here we are face to face and heart to heart
I want you to know we will never be apart
Now I believe that wishes can come true
'Cause I see my whole world
I see only you

When I look into you eyes
I can see how much I love you
And it makes me realize
When I look into your eyes
I see all my dreams come true
When I look into your eyes

I've looked for you all of my life
Now that I've found you, we will never say goodbye
I can't stop this feeling and there's nothing I can do
'Cause thats the end of the end, when I look at you

When I look into your eyes
I can see how much I love you
And it makes me realize
When I look into your eyes
We will always be together, and our love will never die
When I look into your eyes
I see all my dreams come true
When I look into your eyes
When I look into your eyes

a story about my man

Sembari mengerjakan laporan manajemen ternak potong dan kerja dengan bahasan babi, saya mendengarkan lagu-lagu jadul Westlife. Kalau kata beberapa senior, lagu-lagu seperti ini, lagu jahiliyah, bisa membuat kita malas untuk berpikir. Tapi, entah saya yang sedang bandel atau bagaimana. Saya malah senang mendengarkannya.
Bagaimanapun, kebiasaan bapak saya dulu (dan sekarang) mendengarkan lagu-lagu barat jaman dulu, sedikit banyak membentuk kebiasaan saya untuk seperti itu. dan dengan mendengarkan lagu-lagu barat ini, bukan kemudian saya menikmati dengan membayangkan seseorang di luar sana, karena lagu-lagu westlife memang sangat nggombal. Lebih dari itu, yang saya ingat adalah bapak saya. Bagaimana saya mengingat tape recorder yang beliau gunakan untuk mengencangkan suara Shane, Mark, dan kawan-kawan. Bagaimana hampir setiap minggu siang beliau memutar ulang lagu-lagu ini sambil kami makan siang, atau malah sambil kami menonton tv, jadilah suara tv dan tape bersahut-sahutan. Tapi saya suka.
(ketika saya menulis ini, bapak tiba-tiba sms, mungkinkah beliau merasakan?).
Selain itu, bapak juga suka menyanyi, bersenandung, bersiul-siul, atau mengetuk-ketuk kursi atau meja mengikuti irama yang beliau dengarkan. Dan begitu juga saya. Kecintaannya pada seni, menurun pada diri saya.
Biarlah, bukan lagu-lagunya yang harus terus saya dengarkan. Tapi bagaimana kebaikan-kebaikan bapak selama ini.. biarlah semuanya selalu saya ingat.

6 November 2011

this is it...my family

i have a big, very big family,
something that I always loving...
in this post, I'll show you my father, my nephews and nieces..
Lilis, dwi, the one day old-little girl,, some of them.. and my beloved father..

Idul Qurban 1432 H

kalau di tanggalan saya, hari ini tanggal 6 November 2011.. atau tertanggal 10 Dzulhijjah 1432 Hijriyah..
pagi ini, dusun Getas Desa Campuranom mengeluarkan enam hewan qurban..
dua sapi dan empat domba.. termasuk melimpah untuk ukuran tempat tinggal saya yang hanya beberapa kepala keluarga,,
tapi, alhamdulillah, hal ini membuktikan kalau orang-orang di sini sudah mumpuni untuk berkurban,,
panen tembakau kemarin salah satu penyebabnya..
lots of money, lots of amal..
itulah kenapa banyak orang ingin jadi kaya,
karena dengan kekayaan yang cukup bahkan berlebih, amal yang dilakukan juga kian banyak..


dimanapun kita merayakannya,
Happy Ied Adha ya teman-teman...
saya mengucapkan di sini saja, karena di facebook sudah banyak..

5 November 2011

rahasiaNya

satu minggu ini,
berakhir dengan berita gembira..
tanpa saya memaksa Tuhan..

awal minggu saya masih ujian tengah semester, saya masih hidup.
lalu pertengahan minggu saya ambruk
karena sisa-sisa tenaga yang dipaksakan harus selalu ON..tapi saya masih hidup
hingga menjelang akhir minggu, saya masih hidup, mendengar berita kematian adik dari nenek saya..
karena sakit ginjal..betapa mudah Allah mematikan.
dan hari Jumat, 4 November 2011, mendengar berita kelahiran seorang keponakan,
yang lahir di tengah keributan,
lahir di tengah perjuangan sang ibu..
karena dia sungsang..
maka caesarpun terlaksana dengan baik..
sementara saya masih hidup..

maka jika mungkin saya memaksa,
bisa saja saya meminta Tuhan
menggenapkan umur nenek buyut dari keponakan saya itu untuk sekedar hidup dua hari lagi..
atau,
segera mengeluarkan si kecil dari perut ibunya,
agar sang nenek buyut bisa memandang sebelu ajal tiba..

dan begitulah Tuhan, selalu indah dalam menuliskan cerita,

dua acara malam ini

sabtu, malam minggu.. besok Idul Adha..
dan malam ini saya berkesempatan menonton teve sampai puas di rumah..
ada satu channel, tentang pemilihan dai muda.
satu lagi, tentang stand up comedy...

saya saja, yang -mohon maaf- terbiasa mendengar tausyiah di kampus,
agak-agak enggan untuk mendengarkan tausyiah di pemilihan dai muda..
dan lebih tertarik untuk menonton stand up comedy..

hmmm...keduanya adalah acara untuk anak muda,
keduanya mengajak kita untuk berpikir,
tapi memang dunia begitu menarik untuk dinikmati,
sementara akhirat begitu mudah dilupakan..

maka betapa indah perintahNya,
agar manusia selalu mengajak kepada kebaikan, mencegah kemungkaran..
karena hanya ada sedikit yang mampu bertahan..

tinggal kita mau seperti yang mana??
di antara dua acara malam ini..

3 November 2011

try to keep my heart always

Cinta,
Atau,
Perasaan,
Sebuah frasa yang tak akan pernah habis saya bahas.
Ada saja cerita tentangnya.
Kepada sesama, kepadaNya, kepada orang tua, atau kepada lawan jenis yang sedikit banyak menimbulkan masalah dengan hati.
Bahwa cinta memang harus diberikan, pada siapapun.
Dan saya sedang belajar bagaimana memberikan cinta saya dengan porsi yang sama pada semua saudara dan teman-teman saya. Berlebih pada Allah dan orang tua serta keluarga, dan cukup untuk orang-orang di sekitar saya. Tidak ingin berat sebelah, karena pasti akan menyakiti.
Karena umur saya belum cukup untuk memberikan cinta dalam porsi yang cukup besar untuk seseorang berwujud ‘laki-laki’ bernama ‘suami’ atau ‘anak-anak’, maka saya selalu ingin belajar memberikan cinta, kasih sayang saya pada semuanya, tanpa kecuali. Tapi masih dengan sisa berlebih untuk yang terpilih olehNya. Hingga seseorang yang kelak akan memiliki saya itu, tidak kecewa karena cinta saya terbagi dengan tidak adil.
Hmm... entah apa yang ada dalam otak saya sekarang ini, tapi menjaga hati itu sulit, apalagi untuk pribadi seperti saya yang cukup cepat bereaksi dengan perhatian orang lain. Maka ijinkan saya belajar untuk melakukannya.

31 Oktober 2011

not only hope

beberapa harapan saya, minta doanya ya..
.menulis artikel berguna setiap hari
.bisa menghafal Al Quran
.bisa berkuda
.bisa snorkling
.bisa diving
.punya peternakan sapi perah
.punya sekolah alam
.bisa kuliah di luar negeri
..
sebenarnya masih banyak lagi..
ini dulu lah,
cuma iseng pengen posting,
karena kita tidak pernah tahu,
dimana Allah mengijabah doa2 kita..

...

jodoh

pernah dengar kan, masalah pasangan kita adalah sesuai dengan apa adanya diri kita??

dalam Al Quran, surat... apa ya,,, saya lupa, Allah telah menakdirkan bahwa wanita yang baik-baik adalah untuk pria yang baik-baik, dan sebaliknya.. pun dengan wanita pezina, jodohnya ya dengan pria pezina..

entah kenapa lagi-lagi selalu ingin menulis tentang masalah ini,,

simpel saja, apa yang sedang kita lakukan, apa yang sedang kita cita-citakan, jodoh kita juga pasti sedang seperti itu..

misalnya saja,
jika kita masih suka mencontek di kelas waktu ujian, ya seperti itu pula jodoh kita..
jika kita masih suka mempermainkan hati banyak lawan jenis, seperti itu juga keadaan jodoh kita.
pun jika kita selalu berusaha menjadi lebih baik, mudah-mudahan seperti itu pula jodoh kita..

maka memang Allah Mahatahu,, perintahNya yang Maha Sempurna, tidak pernah akan merugikan,,,

dan,
ada satu quote yang menarik untuk kita pahami benar-benar..

"Jodoh kita itu sudah pasti, sudah digariskan oleh Allah, mau bagaimanapun cara memperolehnya, ya itu jodoh kita."

tinggal kita yang memilih, mau menempuh jalan yang seperti apa untuk bertemu dengan jodoh kita???

*terinspirasi karena peristiwa di UTS tadi..

29 Oktober 2011

Bahasa Temanggungan

Beberapa bahasa yang saya kenal sejak kecil di sekitar tempat tinggal, dan saya tahu bahwa bahasa ini hanya ada di kota kelahiran saya, Temanggung.
“Teyeng” = bisa.. penggunaannya begini “eNyong ora teyeng nek koyo ngono..”, artinya, “Saya tidak bisa jika seperti itu”
“Mayar” = mudah.. “Ah, ha yo mayar nek koyo ngene kiye..”, “Ah, gampang kalo seperti ini..”
“Gandem” = keren abis.. sampai-sampai di Parakan ada rumah makan Gandem,, bahasa ini, entah ada atau tidak di tempat lain, tapi ketika saya bicara dengan orang Jawa yang lain, mereka kurang mengerti dengan arti kata Gandem ini..
Logat “Ha”.. coba saja anda bertemu dengan beberapa orang temanggung, biasanya mereka akan memulai sebuah kalimat dengan kata “Ha”.. “Ha iyo” “Ha ora” “Ha mberuh” “Ha ndak ho’o??”
“Nda’an”.. kata-kata ini, saya ingat sempat heboh di SMA ketika kami kelas satu, ada drama yang dimainkan kelas XII.. nda’an berarti sebuah ungkapan untuk meyakinkan.. “kamu udah makan nda’an??”.. kurang lebih bermakna, “kami udah makan kan?”
“Njuk”.. yang berarti terus..atau lanjut.. “Bar nangis njuk ngguyu..” “Habis menangis, terus tertawa”
mmm.. masih banyak lagi bahasa daerah saya yang bikin kangen,, untuk sementara, ini dulu yak,,

Puzzle of my heart

nggombal dikit lah,, tapi yang saya bayangkan adalah seseorang di luar sana, Ibu..


It's the way she fills my senses
It's the perfume that she wears
I feel I'm losing my defences
To the colour of her hair

And every little piece of her is right
Just thinking about her
Takes me through the night

Every time we meet
The picture is complete
Every time we touch
The feeling is too much
She's all I ever need
To fall in love again
I knew it from the very start

She's the puzzle of my heart

It's the way she's always smiling
That makes me think she never cries
I feel I'm losing my defences
To the colour of her eyes

And every little piece of her is right

Every time we meet
The picture is complete
Every time we touch
The feeling is too much
She's all I ever need
To fall in love again
I knew it from the very start

She's the puzzle of my heart

Like a miracle she's meant to be
She became the light inside of me
And I can feel her like a memory
From long... ago

Every time we meet
The picture is complete
Every time we touch
The feeling is too much
She's all I ever need
To fall in love again
I knew it from the very start

She's the puzzle of my heart

Every time we meet
The picture is complete
Every time we touch
The feeling is too much

Every time we meet
The picture is complete
Every time we touch
The feeling is too much
She's all I ever need
To fall in love again
I knew it from the very start
She's the puzzle of my heart

gara-gara lagi kangen sama beliau,,

let me remember you,

I remember how you smile at me,
I remember how you give me some advices,
I remember how you teach me to be a good person,
I remember your critizise,,
How simple life is,
Having you more than I able to..
Having you more than two..
Having you as brothers,
Having you as a gift that I may not get from my own mom,
Having you as a gift from God..
And I will always, remember how I remember you as mine,
Mine that I let somebody having you as hers,
Mine that I can never had forever,
Mine that I always loving, not as my man,
Cause He had given me you as mine,

25 Oktober 2011

ingin menikah

hahaha,,,
belum,
tenang saja,
saya belum ingin menikah,
tapi keinginan untuk menikah lebih baik daripada keinginan untuk pacaran.

hmmmm..
kesibukan di UTS yang malah membuat kerancuan dalam diri saya,
malah kepikiran tentang pernikahan.

aneh,

atau,
saya akan mennuliskan beberapa hal dalam pikiran saya.
I wanna say goodbye for someone who I never met.
a goodbye waves with nobody,
a goodbye days after no meeting,
a goodbye yelling forever....

Fans 5

Sekedar catatan iseng, tentang seseorang yang iseng..
Pernah saya jadi korban sms iseng oleh seseorang.
Sampai-sampai kata-kata kotor berani saya keluarkan demi menghentikan sang pelaku.
Dan memang akhirnya dia berhenti.
Tapi kali ini bukan tentang dia yang banyak mengumpat di sms..
Kali ini tentang teman saya.
Dulu, jauh sebelum saya tahu siapa sebenarnya pemilik nomor yang beruntung itu, saya sering mengdapat sms darinya, tapi saya lupa apa saja isi smsnya. Hingga saya menamai dia FANS di dalam phonebook saya.
Tadi sore, dia sms minta nomor seseorang penting untuk urusan akademik.
Dengan iseng, saya balik bertanya, “Maaf, ini dengan siapa ya?”
Dan, mungkin dia sudah lupa kalau dia pernah mengerjai saya, dia pun menjawab dengan gamblangnya, “Aku, ...., makasih ya Rul”
Krik,krik,,, ingin sekali saya meledakkan tawa waktu itu. bukan apa-apa, tidak menyangka saja ternyata selama ini dia berani menjahili saya, lha wong kalau bertemu juga diam saja...
Hmm... salah satu tips, kalau memang phonebook masih cukup, namailah seseorang yang sengaja usil lewat sms dengan nama “Fans1”, “Fans2”, “Fans3”, dan seterusnya.. agar suatu hari nanti, kalau memang sudah takdirnya, kita jadi tahu siapa sebenarny pemilik nomor yang beruntung itu,,

symbolism

lagi-lagi tentang simbol,
Karena saya pernah merasakan dan mengalami kejadian ini. Didekati oleh seorang laki-laki berjenggot tipis dan bercelana di atas mata kaki. Ikhwan banget nampaknya!
Padahal saya, waktu itu, meski masih mahasiswa baru, mengenakan pakaian yang cukup longgar dan rapat. Hampir ‘mirip akhwat-akhwat’, lumayan syar’i lah..
Tapi entah, naluri apa yang ada pada diri orang aneh itu. saya sendiri berdiri dalam bis yang ramai. Ditawarinya untuk tidak berada dekat-dekat dengan pintu keluar..
Setelah itu, bukannya diam saja membiarkan saya yang sudah aman dari pinggir pintu, malah diajak ngobrol ngalor ngidul nggak jelas sepanjang perjalanan. Risih jadinya.
Dia juga ngaku kalau dia itu ‘kader’, intinya dia aktivis di salah satu kampus di Indonesia.
Dan beberapa bulan kemudian saya  tahu identitasnya. Bukan hanya tahu, saya paham. Bagaimana tidak, dia berani mengenalkan diri secara terang-terangan..
Hmmm... sekali lagi, jangan pernah tertipu hanya dengan simbol.
Tidak semua laki-laki bermasalah. Tapi, tidak juga semua laki-laki yang kelihatan ‘alim’, terbebas dari masalah..
Tetap waspada terhadap siapapun, kawan.

not just a symbol

Kembali teringat nasihat seorang kakak...
Jangan hanya menjadi simbol..
Jangan hanya
berjilbab besar tanpa substansi,
berani menasehati tanpa melaksanakan,
itu munafik namanya..
demi melihat fenomena ini,
tentang perilaku yang hanya bersifat simbolis,
mungkin banyak dari para perempuan yang mengatakan,
‘tunggu saya menjilbabi hati dulu, baru saya berjilbab..
karena saya tidak mau berjilbab tapi tingkah laku saya masih parah’
Terlalu banyak contoh tidak baik yang mungkin lebih banyak terlihat,
Padahal, mereka yang benar-benar berjilbab dari kepala sampai ujung kaki,
Bahkan sampai ke hati, ribuan jumlahnya..
Dan saya pun masih belajar,
Untuk tidak menjadi “hanya sebuah simbol"

22 Oktober 2011

pengalaman baru. tentang hati

hari ini, kalau jam saya menunjukkan, Sabtu tertanggal 22 Oktober 2011.

saya mendapat pengalaman baru, tentang hati dan pikiran.

pagi-pagi, saya bangun seperti biasa, mengikuti al Ma'tsurat bersama teman-teman satu kontrakan. dan mencuci baju-baju yang sudah lama tak tersentuh.
pagi ini, saya bermaksud untuk datang lebih awal di acara ma'had pementor, sebuah forum untuk mempertebal ilmu tentang membina orang lain.
dan tiba-tiba, sebelum saya mencuci pakaian, saya mendapat pesan dari seorang teman untuk membantu mengerjakn tugasnya, sementara dia berjuang di sebuah training..
akhirnya pagi itu juga saya membagi waktu antara mencuci, mandi, dan bersiap-siap menuju ma'had beserta mengerjakan tugas teman saya yang harus dikumpulkan pukul 07.00 WIB.
usai mencuci jam 06.50, saya masih sempat sarapan sembari mengerjakan tugas. dan akhirnya pergi ke ma'had jam setengah tujuh, telat hampir lima belas menit,, tak apalah.. untungnya saya masih banyak mendapatkan ilmu, meski dalam ma'had juga saya masih mengerjakan tugas...
selesai ma'had pukul setengah delapan, saya langsung meluncur ke tempat pengumpulan tugas, di kosan asisten. Saya mengirim sms pada beliau, sepuluh menit saya tunggu, tidak ada balasan, padahal saya harus ke kampus untuk menjadi Kakak Pendamping di kegiatan adik2 angkatan. akhirnya, karena tidak ada kepastian, saya memutuskan untuk pergi ke kampus.
sampai di kampus, saya sudah telat setengah jam. duduk sebentar, mendapat sms dari mbak asisten, bahwa beliau sedang ada kuliah di Pascasarjana, sampai malam. akhirnya tugas itu saya kumpulkan esok hari.. what a wonderful morning.

di kampus, saya mendengarkan ceramah dari beberapa pembicara dalam acara konsolidasi angkatan 2011 bersama Kakak Pendamping.. lebih detailnya, akan saya ceritakan nanti. dan sampai pukul 10, saya mendengarkan para pembicara..

pukul 10 menemani teman untuk sarapan, demi menjaga maagnya agar tidak bertambah parah. pukul sebelas balik lagi ke kampus untuk rapat evaluasi. di sana, dapat amanah baru.. Subhanallah. pasti bisa!

selepas dhuhur, saya bersama teman, memasukkan motor ke tempat cucian, kira-kira jam setengah dua baru terselesaikan. dan saya mampir di kontrakan teman, untuk istirahat sebentar. di sana, membuka tugas, membaca buku.. dan setelah jam dua kurang, saya keluar, berniat mengambil motor dan mencari warnet..

berjalan ke tempat pencucian motor, ternyata belum kelar...

dan saya harus ke warnet, jalan kaki. bagi makhluk seperti saya yang sudah jarang jalan aki di bawah terik, perjalanan tadi sedikit banyak membuat saya jengkel. bukan karena teriknya, tapi hanya masalah jarak.

dan saya sedang ingin berbagi. masuk ke warnet terdekat, penuh. saya bergeser ke warnet yang cukup dekat,  tutup. dan kini, sembari menulis, saya sedang duduk di @net. warnet yang akhirnya saya temukan..

biarlah tulisan ini menjadi bahan tertawaan bagi saya pribadi, tapi kadang kita sangat perlu mengungkapkan perasaan yang ada. saya tidak mau meranggas karena banyak masalah. saya tidak mau mengurus karena masalah yang menggunung.

dan tugas2 saya di luar, banyak yang belum kelar...

hidup ini indah kawan, kalau kita mau berhenti dari masalah, kita hanya perlu satu kata, mati.

17 Oktober 2011

Zina

Hari Kamis kemarin, saya mengikuti kajian dari Keluarga Muslim An Nahl Fapet UNDIP. Entah kenapa, temanya tentang munakahat alias pernikahan, dan sub temanya tentang bagaimana memilih jodoh yang ideal.
Awalnya, pembicara pertama dengan gamblangnya mendeskripsikan model2 jodoh ideal menurut al Quran dan Hadits, yang bagi saya, cukup saklek dan agak memusingkan..
Maka saya lebih tertarik (moho maaf, Pak) untuk mendengarkan pembicara kedua, tentang bagaimana kesiapan menuju pernikahan. Bagaimana tentang kesiapan fisik, pikiran dan ruhani. Meskipun saya ingin kabur karena mendengarkan masalah yang rawan ini, saya tetap stay di sana menemani adik2 dan mendengarkan dengan seksama.
Karena ternyata ada banyak info yang meski saya sudah tahu, saya tetap mau mendengarkan..
Islam tidak melarang pacaran, begitu kata pak ustadz. Tapi Islam melarang kita mendekati zina. Dan apa itu pacaran?? Pacaran adalah mendekati zina. Bagaimana tidak, saya yakin tahapan pacaran mulai dari saling suka, kemudian saling bergandeng tangan, dan lain-lain, akan menjadi hal yang biasa, bahkan dapat berujung pada zina yang sesungguhnya. Tapi jika ada yang mengelak dengan mengatakan bahwa gaya pacarannya cuma sebatas telepon dan sms,, itu juga dinamakan zina, meski hanya zina hati..
Selain itu, zina itu.. behh... maha dahsyat dampaknya. Setahu saya, kalau tidak salah tertera dalam sebuah hadits, jika seseorang melakukan zina, dosanya tersebar sampai tetangga di 40 rumah ke kanan, kiri, depan, belakang.. bayangkan! Kalau saja jarak antar rumah begitu jauh seperti di daerah2 pedesaan, berapa luas area dosa si pezina itu. orang tidak berdosa pun dapat dosanya.. makanya kenapa zina harus dimusnahkan.
Lagi, ketika si pezina itu harus menikah demi menutupi aib, ia tidak boleh menikah dalam keadaan hamil. Haram hukumnya. Maka anak dalam kandungan hasil perzinaan itu harus muncul di dunia dulu, baru si pelaku boleh menikah.
Tapi, anak hasil zina, selamanya tidak bisa jadi mahram untuk ayahnya. Sang ayah hanya menjadi ayah biologis bagi si anak, meski sudah melalui proses pernikahan yang resmi. Itu berarti sang ayah bisa menjadi suami bagi anaknya, dan pasti akan menghancurkan silsilah keluarga.
Dan lagi, seseorang yang belum menikah tapi berbuat zina, harus dihukum rajam di hadapan khalayak. Padahal demi menjalani hukuman itu, si pezina harus mendatangkan saksi minimal 4 orang. Bayangkan bagaimana itu dapat dilakukan, kalau bukan oleh orang yang super bejat. Memangnya ada yang mau menonton/menjadi saksi orang yang berbuat zina???
Berbeda dengan lajang, orang yang sudah menikah mendapat hukuman RAJAM SAMPAI MATI.. ngeri,,
Semoga saya dan Anda semua terbebas dari godaan zina, meski yang terkecil berupa zina hati.