24 November 2011

tentang dunia pendidikan (lagi)

saya habis membaca artikel di kompas, mengenai pendidikan. bahwa rasio guru-murid di Indonesia adalah 1 : 18. yang berarti, satu guru mengampu sebanyak 18 murid..

Namun angka tersebut sama sekali tidak sebanding dengan keadaan pendidikan di negara ini. Yang jadi masalah utama adalah pendistribusian guru yang tidak merata..

saya yang hidup di Jawa sama sekali tidak merasa bahwa ternyata pendistribusian guru menjadi masalah yang pelik. karena mayoritas sekolah di jawa telah cukup dipenuhi oleh guru-guru sekolah sesuai bidangnya,,,

pernah saya mendengar berita di televisi, di satu kecamatan hanya ada satu sekolah, dengan hanya satu tenaga pengajar.. itu pun masih tenaga honorer.. dan semakin lama saya tahu, bahwa di berbagai daerah luar jawa, masih banyak sekolah yang terbengkalai karena ketiadaan guru dan keterpurukan fasilitas..

cita-cita saya untuk jadi guru, masih melekat hingga kini. meski saya mahasiswa peternakan..

hanya bisa berdoa, mereka yang jumlahnya ribuan itu, yang kini sedang menuntut ilmu di bidang keguruan, agar segera terketuk untuk selalu dapat lebih maju dalam hal apapun demi kemajuan pendidikan negeri ini.. karena bagaimanapun, salah satu hal maha penting yang menentukan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia adalah kualitas pengajarnya...hingga jika distribusi itu benar-benar merata, yang dari Jawa harus ke pelosok negeri, rasio 1:18 bukan hanya susunan angka saja,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar