29 Oktober 2011

Bahasa Temanggungan

Beberapa bahasa yang saya kenal sejak kecil di sekitar tempat tinggal, dan saya tahu bahwa bahasa ini hanya ada di kota kelahiran saya, Temanggung.
“Teyeng” = bisa.. penggunaannya begini “eNyong ora teyeng nek koyo ngono..”, artinya, “Saya tidak bisa jika seperti itu”
“Mayar” = mudah.. “Ah, ha yo mayar nek koyo ngene kiye..”, “Ah, gampang kalo seperti ini..”
“Gandem” = keren abis.. sampai-sampai di Parakan ada rumah makan Gandem,, bahasa ini, entah ada atau tidak di tempat lain, tapi ketika saya bicara dengan orang Jawa yang lain, mereka kurang mengerti dengan arti kata Gandem ini..
Logat “Ha”.. coba saja anda bertemu dengan beberapa orang temanggung, biasanya mereka akan memulai sebuah kalimat dengan kata “Ha”.. “Ha iyo” “Ha ora” “Ha mberuh” “Ha ndak ho’o??”
“Nda’an”.. kata-kata ini, saya ingat sempat heboh di SMA ketika kami kelas satu, ada drama yang dimainkan kelas XII.. nda’an berarti sebuah ungkapan untuk meyakinkan.. “kamu udah makan nda’an??”.. kurang lebih bermakna, “kami udah makan kan?”
“Njuk”.. yang berarti terus..atau lanjut.. “Bar nangis njuk ngguyu..” “Habis menangis, terus tertawa”
mmm.. masih banyak lagi bahasa daerah saya yang bikin kangen,, untuk sementara, ini dulu yak,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar