24 Januari 2012

..keistiqomahan..

kalau kemarin saya banyak melihat kawan2 SMP,,, hari ini saya melihat banyak kakak-kakak di SMA dulu..
bukan apa2.. hanya ingin mengingatkan pada diri sendiri dan mungkin pada Anda sekalian,,bahwa..tidak ada yang mampu menjamin keistiqomahan..even diri sendiri.. bahwa hanya Allah yang punya kuasa..
maka untuk selalu istiqomah, carilah teman dan lingkungan yang mendukung..

kenapa saya berkata begini?? cukup tahu saja,,ada beberapa aktivis dakwah sekolah yang ketika kuliah tidak menjadi aktivis dakwah kampus, bahkan sudah punya 'pasangan'.. saya bukan men-judge bahwa yang tidak menjadi ADK itu tidak istiqomah..tapi,,alangkah baiknya jika..waktu kuliah tetap istiqomah..hmmm..meski tidak menjadi ADK.. (Lah, malah mbolak-balik begini..maksudnya apa?????)

intinya, baca paragraf pertama tadi.. :-),,selamat beristiqomah..

INGAT!!! Istiqomah bukan grafik yang lurus/tetap..tapi meningkat dari hari ke hari..

22 Januari 2012

mengagumi cara-cara Allah

...saya melihat betapa teman-teman saya yang dulu, ketika SMP biasa saja,, sekarang menjadi seorang Nasrani yang taat.. betapa mereka sangat bangga menunjukkan ketaatan dan kecintaannya pada tuhan..terutama lewat dinding fb, karena dari sana saya mengetahui kabar mereka.. bukan apa-apa, saya ikut senang karena pada akhirnya mereka semakin dekat dengan tuhan, menurut cara mereka...

dan, HAI....saya juga sedang bersenang-senang menemukan diri saya yang sebenarnya kini, beberapa tahun ini. entah mereka tahu atau tidak, bahwa Nurul yang SMP dulu, berbeda dengan yang sekarang,, dilihat secara fisik dan pemahaman agamanya... hihi,,tidak penting memang, bagaimana saya saat ini.. tapi yang ingin saya bagikan di sini adalah...

saya senang! melebihi kawan SMP saya yang nasrani, yang buddhist, yang hindu...bahwa saya muslim! (apa sih?)..

saya senang! bahwa menemukan Tuhan, menemukan Allah -yang dulu entah kemana padahal Dia selalu ada-..adalah sesuatu yang sungguh-sungguh menyenangkan..

apalagi ketika saya ingat, teman saya itu sepertinya memang selalu berpikir tentang tuhannya... dulu dia Kristen, lalu pindah Katholik, dan kalau tidak salah, sekarang menjadi Katholik yang taat, dan menjadi pribadi yang selalu dekat dengan tuhan...hmm,,

lalu, ada lagi,, kawan saya yang cukup unik..karena dulu, kami sempat beberapa kali shalat Jumat bersama (di SMP saya dulu, shalat Jumat dilakukan untuk laki-laki dan perempuan).. dan ketika pada Idul Fitri dua tahun kemarin saya ucapkan selamat ber-Hari Raya padanya, dia berkata "Saya Non Muslim, Rul..dari dulu".. sempat kaget siy...tapi, yaa gimana lagi,, that's him, the true him.. lalu ketika saya tanya, "Kok dulu Shalat?".. dia menjawab, "KTP ku Islam.."..

begitulah kehidupan..saya hanya bisa mendoakannya agar menjadi Muslim yang taat...

agar dia juga merasakan kebahagiaan yang sama dalam menemukan Allah kembali..bahwa Allah sangat berbeda jauh dengan yang lain...

20 Januari 2012

tren atau kebutuhan?

pagi tadi, posisi akun facebook saya sedang online.. chatting pun saya 'available' kan.. ada beberapa teman mengajak chatting untuk berdiskusi.. ada pula yang sekedar salam2, atau sapa2.. dan ada salah satu teman di fb,, tepatnya saudara jika di dunia nyata... sepupu jauh saya.. tiba-tiba kirim chat..
"Rul, njaluk pin BB-mu.." -Rul, minta pin BB mu-
dengan santun, saya menjawab..
"aku ora nganggo BB kang.."-saya tidak pakai BB, kang-
..setelah itu, beliau tidak menjawab lagi, mungkin sedang sibuk melanjutkan kerjanya..
dari situ saya tergelitik,,,*WAW*, nyatanya saya memang tidak punya BB, bukan apa-apa, karena memang saya belum membutuhkannya seperti para pengguna BB yang lain..

entahlah, tapi saya memang bukan termasuk yang gila gadget.. kalau memang butuh, saya baru akan berburu,,hehe..

bagaimana dengan Anda? apakah gadget yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan? atau sebatas mengikuti tren?... sekarang sudah muncul android, dan lain2 yang sejatinya saya JUGA belum membutuhkan...dan sampai sekarang belum terlalu berminat untuk mengertinya..

hmmm...mengikuti tren memang keren..tapi dengan percepatan tren dimanapun dan dalam bidang apapun, apalagi gadget, menjadikan tren-tren lain yang sudah tidak tren seperti telah jauh tertinggal di belakang..sementara yang tidak mengikuti tren dan biasa saja dengan perkembangan tren, tidak perlu risau untuk mengejar ketertinggalan, karena memang tidak pernah mengejar2 tren..aih,,,apa yang saya tulis ini.. tapi, kurang lebih seperti itulah tren..terutama gadget.. bahkan mungkin, bisa jadi jika sebulan lagi saya dan Anda baca tulisan ini, BB dan android sudah terkalahkan dengan tren baru yang lainnya...

hihihi,, mari beradaptasi dengan inovasi, tanpa merasa terkejar ataupun tertinggal...

19 Januari 2012

Tembakau

ada saja...
minggu kemarin, saya diajak ngobrol sama kakak di kosan.. beliau menanyakan,
"tembakau itu yang diambil apanya to dik?, terus, diapain aja?"
"daunnya mbak...panjang ceritanya.."
dilanjutkan saya menceritakan bagaimana cara mengolah daun tembakau hingga menjadi sebatang rokok..
dari situ saya berkesimpulan bahwa ternyata tidak semua orang tahu bagaimana cara mengolah daun tembakau, -kalau ini masih lumayan dapat saya terima-... kesimpulan lain yang cukup membuat saya kaget adalah bahwa masih ada saja orang yang tidak tahu -seperti kakak saya di kos tadi- bahwa yang diolah dari sesuatu bernama tembakau adalah -utamanya- daunnya, yang dirajang, dikeringkan, dan dibuat menjadi sebatang rokok.. karena ternyata beliau menduga,
"Kirain daunnya itu langsung bisa buat ngerokok...gak usah diapa-apain"..

lain kali saya akan memberitahu bagaimana cara tradisional mengolah daun tembakau, di sini..

(tapi ini bukan berarti saya mendukung rokok lho ya..hanya sekedar memberitahukan saja..^^,)

surat cinta untuk ukhti..

Ukhti yang cantik,

kalau saya lihat dan kalau boleh saya amati, sepertinya seseorang yang memang menaruh rasa padamu itu adalah lebih dikarenakan shalihah mu..
jilbabmu yang lebar, senyummu yang ramah pada semua orang, ilmumu yang mumpuni, dan semuanya yang mengagumkan ada pada dirimu..
hingga kini, (semoga pendengaranku tidak salah), dia berani mengungkapkan kekaguman, kecintaannya padamu, bahkan menjanjikan dirinya hanya ada untukmu...tidak lain karena dia yakin, engkaulah yang terbaik untuk merajut indahnya rumah tangga yang diridhoi Allah..
dan kau juga menjanjikan yang sama??

aku, bahkan juga begitu menyayangimu karena yang kulihat, engkau begitu sempurna...

tapi ukhti...kenapa kini, engkau seperti lupa bagaimana dia menjadikan engkau sosok yang dihormati?
jilbabmu menipis dan mengecil...
senyummu tak lagi seramah dulu?
ilmumu hanya bertambah sebidang, tak seluas dulu??
dan, astaghfirullah..aku hampir lupa bagaimana cara mengagumimu...

ukhti..kembalikanlah cintamu hanya untukNya..
lupakanlah dia yang baru bisa menjanjikan sesuatu tanpa berbuat lebih untuk berkomitmen...
aku rindu shalihahmu,,yang menjadikanku kagum, bahkan cinta padamu..
shalihahmu, yang mengantarkan dirimu pada sosok yang mungkin jauh lebih shalih dari dia yang menjanjikan sesuatu kemarin...

*dari seseorang yang dulu mengagumimu..

Virus Merah Jambu

selalu dan selalu, hal ini membuat para aktivis menjadi kendor semangat. Bullsh*t kalau mereka jadi tambah semangat saat ada *seseorang* yang dicinta sebagai partner kerja di lembaga.. dan,,,bukan hanya aktivis saja yang mengalami keterlambatan pertumbuhan akibat virus yang satu ini.. Coba saja dicek, berapa jumlah pemuda di kalangan akademis, sosial politik dan lain-lain yang mengalami kemunduran semangat saat terjangkit virus merah jambu.. Kalau tidak *galau*, minimal niatnya berbelok..

yang di bidang akademis, tadinya menggebu untuk melakukan riset-riset ilmiah, sibuk mencari sumber-sumber terpercaya untuk mendukung kegiatan keilmuan...eh, pasti tiba-tiba kendor ketika bertemu dengan seseorang yang ada *sesuatu*nya..

lain lagi di bidang sosial politik..kebanyakan dari mereka memiliki kemampuan analisis sosial dan politik serta strategi yang jitu dalam memecahkan masalah..atau minimal, memiliki bahasan yang terupdate tentang dunia sospol untuk didiskusikan..tapi...tidak jarang yang analisisnya berbelok kepada masalah hati, syair-syair cinta, dan kekaguman yang mendalam pada seseorang yang BISA JADI pemikirannya mengagumkan sewaktu diadakan diskusi sospol dan tidak sadar membuatnya terpesona hingga terlena..

hmmm...yang paling membahayakan memang kalau aktivis dakwah yang terjangkit virus abal-abal ini.. karena apa?? karena para ADK/ADS -aktivis dakwah kampus/sekolah- selalu menjadi sosok yang diteladani baik dari pemikiran, keilmuan, maupun tingkah laku. Memang, manusia tidak pernah luput dari kesalahan.. tapi, dari dulu sampai sekarang, -atau ini menurut saya pribadi, ^^,- yang namanya ADK/ADS itu adalah seseorang yang  mempunyai standar2 tertentu sehingga dakwah yang disampaikannya bisa terdengar, terasa, dan terikuti oleh para objek dakwah.. tugas utama mereka mencontohkan kebaikan bukan?? lalu apa kata dunia kalau semangat mereka menurun hanya karena ada yang *seseorang* yang mengagumkan karena dakwahnya keren..

cukup tahu saja, saya sudah menjumpai beberapa ADK/ADS yang akhirnya terpental dari tugas utamanya karena terkena virus ini.. Doakan saya agar menjadi mahasiswa baik-baik yang tidak terlena dengan kasus beginian ya..^^,


18 Januari 2012

inginku..


Aku pun ingin seperti hujan..yang curahnya memberi kehidupan.
Atau angin, membawa wewangian..
Atau sinar mentari, selalu indah menghangatkan..
Atau bunga bermekaran, elok dipandang mata..
Atau tanah yang menyuburkan..

Tapi Tuhan yang Maha Baik..
Mengirimku ke dunia sebagai manusia.
Karena ia mampu berbuat lebih..
Maka biarlah aku apa adanya,
Berguna bagimu, baginya, bagi mereka...

17 Januari 2012

cinta tak harus sama

dulu, ada semacam nada protes dari hati saya. ibu-bapak saya sangat jarang memakai baju sarimbit, bahkan tidak pernah. setidaknya, baju warna senada selain coklat.. kenapa bisa begitu? karena dalam banyak acara besar, seperti kondangan dan idul fitri, saya banyak menjumpai pasangan suami istri mengenakan pakaian yang serasi.. motifnya sama, minimal, warnanya sama..

TAPI TIDAK DENGAN KEDUA ORANGTUA SAYA...

namun begitu, saya tidak pernah melontarkan kata-kata "Kok ibu sama bapak gak pernah seragaman??"

sekarang, saya jadi tahu..keharmonisan sepasang kekasih (suami-istri) bukan dilihat dari keseragaman pakaian, ekpresi kasih sayang bukan dalam keserasian warna baju.. Mungkin hal ini yang mereka coba katakan pada saya, lagi-lagi bukan lewat kata-kata.. Mereka ingin saya mencernanya sendiri..

dan, hakikat kasih sayang bukan menyatukan persamaan kan?
bukankah Muhammad dan Khadijah juga berbeda?
bukankah Ali dan Fatimah juga berbeda?
beranekaragam dalam satu itu indah...
dalam batas sewajarnya..

education is a must


Bagaimanapun, pendidikan merupakan dasar kehidupan. Saya sangat bersyukur dapat menikmati hidup di antara orang-orang yang peduli pendidikan. Ibu saya seorang guru SD. Kedua pakde juga guru. Banyak sekali guru di sekitar saya,, sekedar tahu saja.. ada kakak pertama saya, dua sepupu dari bapak, beberapa sepupu dari ibu, ada yang sudah jadi guru relawan di NTB, ada yang masih calon guru, total cagur ada empat..manisnya, yang amat sangat menggebu jadi guru adalah SAYA, dan kini saya adalah seorang MAHASISWI ILMU PETERNAKAN.
Tidak penting dimana kita berdiri dan apa profesi kita, bahkan apa cita-cita kita. Yang penting adalah bagaimana kepedulian kita terhadap pendidikan.

Hanya ingin berbagi, dan semoga bisa membuat Anda berfikir lebih. Ada orang kaya di dekat rumah, anaknya terlalu menikmati kekayaan orangtuanya..dan dia memutuskan untuk hanya bersekolah sampai SMA, selebihnya bekerja untuk menambah penghasilan orangtua.. saya sedih, bukankah dia bisa melanjutkan pendidikannya? Minimal jadi sarjana lah.. Meski nanti ujung-ujungnya adalah untuk membantu orangtua, setidaknya pemikirannya akan jauh lebih luas. Sayang sekali harta yang melimpah itu kalau tidak diinvestasikan untuk masa depan yang lebih cerah untuk sang anak.. Hmmm, tapi silakan, Anda boleh berbeda pendapat dengan saya,dan boleh satu pemikiran dengan si anak tadi.
Saya hanya ingin berbagi, betapa pendidikan itu penting, tinggal bagaimana kita berniat dan bersikap terhadapnya. hehe,, ^^, 

cerita tentang pendidikan


Saya mendengar cerita tentang pendidikan.. lagi-lagi tentang pendidikan, yang membuat hati ini seperti diiris-iris..
Langsung dari TKP, setelah melalui proses penerjemahan oleh penulis..
“Lha memang sekolahnya gratis, tapi kok tiap semester beli buku terus.. bukunya ya nggak pernah dipelajari.. Masih mending jaman dulu, tiap bulan bayar lima ribu, tapi ya sudah, cuma itu nggak ada tambahan bayar-bayar yang lain..” salah seorang tetangga mengisahkan anak keduanya yang sekarang kelas enam SD.
“Aku belum bayar buku Bulik, dua puluh empat ribu limaratus.. ada berapa buku gitu..” giliran keponakan saya yang mengadu pada saya.
“Memangnya sekarang nggak ada buku paket?” saya bertanya pada mereka, karena di jaman saya SD dulu, selalu ada buku paket,, beberapa buku pelajaran yang dipinjamkan dari sekolah untuk satu tahun pelajaran. Buku-buku itu harus kami rawat selama satu tahun karena nantinya dikembalikan lagi kepada pihak sekolah untuk dipinjamkan kepada generasi setelah kami.
“Nggak ada...” jawab tetangga dan keponakan saya.
“Yaa itu tadi, tiap semester membeli buku baru..” kata tetangga saya lebih memperjelas..
Entahlah, saya tidak mau mengatakan apa-apa tentang program pemerintah di bidang pendidikan. Karena saya tidak mengalami langsung kali ini, setidaknya saya bukan lagi seorang murid dan bukan pula seorang guru. Namun, saya yang masih berpredikat mahasiswa, merasa ikut bertanggungjawab atas ketidaknyamanan para orangtua dengan sistem keuangan di sekolah yang seperti itu. Apalagi kampus saya sangat dekat dengan jantung Provinsi. Tapi halloooo...apa yang sudah saya lakukan untuk meringankan beban para tetangga saya??

Karena
Saya hanya bisa tersenyum...menandakan saya tidak punya masalah yang sepahit mereka.
Saya hanya bisa bertanya...menandakan saya peduli nasib mereka.
Saya hanya bisa mendengarkan..menandakan saya masih mau mengetahui masalah mereka.
Saya hanya bisa menggerutu...menandakan saya harus bisa membahagiakan mereka.
Saya hanya bisa berdoa...menandakan titik iman yang paling lemah, dan itulah yang saya miliki..

Salahkah saya yang masih ingin menjadikan pendidikan di daerah saya lebih baik dari jaman saya?? Karena kenyataan menunjukkan itu belum tercapai. Nanti, saya akan mendirikan sekolahan yang ada peternakannya.. semoga Allah menghendaki.

habis UAS


             Hari-hari seusai UAS, saya jatuh sakit. Keadaan ini sangat mengganggu karena membuat saya jadi tidak produktif. Ada beberapa acara yang batal saya hadiri karena memang tidak memungkinkan untuk mengikutinya, tapi alhamdulillah masih bisa diwakilkan. Meski begitu, ada banyak hikmah yang dapat saya petik. Salah satunya adalah saya dapat menikmati istirahat tanpa terganggu pikiran harus menghadiri acara-acara maha penting.
               Selang beberapa hari saya memutuskan untuk pulang demi memulihkan kondisi. Tak bisa dipungkiri, tubuh saya memang sudah sebesar ini, tapi jiwa anak bungsu saya tidak bisa hilang begitu saja dari dalam diri. Dan, yak, terbukti, bukan hanya obat baru dari dokter langganan keluarga yang menyembuhkan, tapi juga karena ketenangan tak kasat mata dari kedekatan saya dengan ibu dan ayah segera menyembuhkan penyakit aneh ini.
             Awalnya, saya hanya tidur-tiduran di kamar, selama kurang lebih dua hari.. sisanya, saya langsung fresh dan bisa beraktifitas seperti biasa,,meski hanya di sekitar rumah.. dan adakah Anda tahu kawan, selalu begini, tiap kali saya berada di rumah beberapa hari, saya selalu gemas. Gemas dalam arti sebenarnya. Faktor pertama, karena di sini saya bisa menonton tv semau saya. Kedua, karena di sini saya banyak mendengar cerita dari sanak keluarga tentang permasalahan keluarga yang menggelitik. Ketiga, saya menemukan banyak permasalahan masyarakat teraktual bersumber langsung dari para tetangga. Keempat, faktor diri pribadi yang selalu panas ketika mendengar berita dari jejaring sosial atau sms mengenai permasalahan kampus yang saya tidak mengalaminya sendiri, padahal saya ingin terjun langsung, baik saya berperan atau tidak di sana. Dan kali ini saya ingin bercerita banyak.. ber seri mungkin.. tapi untuk tulisan ini, sampai di sini dulu ya.. terimakasih telah menyimak..

16 Januari 2012

cobalah..


Memangnya kenapa kalau ketahuan cinta mati sama Rasulullah?
Malu?

Memangnya kenapa kalau ketahuan sering baca Al Quran?
Segan?

Memangnya kenapa kalau orang lain tahu status Muslim taat itu?
Takut?

Tidak ada salahnya memulai dari diri sendiri,
Menunjukkan kemurnian pemahaman tentang agama,,
Menunjukkan kecintaan pada sang Nabi, hingga segala perilaku ditiru..
Menunjukkan betapa syahdunya bercengkrama dengan kalimatNya..

Orang baik di jaman ini, sering dianggap aneh..

Cobalah,

sekali saja membaca Al Quran terjemahan di halte, sambil menunggu bis..
pasti akan terus dipandang curiga oleh orang lain..
tapi tidak dengan mereka yang terang-terangan bermain handphone..
padahal entah apa yang sedang disaksikan...

atau berenang menggunakan jilbab..
akan lebih aneh ketimbang mereka yang memakai celana dalam di pinggiran jalan...

atau menangis mengingat dosa-dosa yang telah banyak dilakukan..
apakah lebih aneh daripada menangisi idola yang baru saja wafat karena makan obat?

11 Januari 2012

penjelasan kenapa perempuan bisa bikin stres..



Mengapa Nabi saw mengharamkan khalwah antara laki-laki dengan wanita atau melihat sesuatu yang diharamkan Allah? Apa hikmah ilmiah larangan ini? Mari kita baca berita  ilmiah ini…
"Cukuplah anda duduk selama lima menit dengan seorang wanita sampai Anda memiliki proporsi tinggi dari hormon meningkat" inilah temuan studi ilmiah baru-baru ini yang dimuat pada Daily Telegraph!
Para peneliti di Universitas Valencia menegaskan bahwa seorang yang berkhalwat dengan wanita menjadi daya tarik yang akan menyebabkan kenaikan sekresi hormon kortisol. adapun Kortisol adalah hormon yang bertanggung jawab terjadinya stres dalam tubuh. Meskipun subjek penelitian mencoba untuk melakukan penelitian atau hanya berpikir tentang wanita yang sendirian denganya namun hal tersebut tidak mampu mencegah tubuh dari sekresi hormon.
Para ilmuwan mengatakan bahwa hormon kortisol sangat penting bagi tubuh dan berguna untuk kinerja tubuh tetapi dengan syarat mampu meningkatkan proporsi yang rendah, namun jika meningkat  hormon dalam tubuh dan berulang terus proses tersebut, maka yang demikian dapat menyebabkan penyakit serius seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi dan berakibat pada diabetes dan penyakit lainnya yang mungkin meningkatkan  nafsu  seksual.

Bentuk yang menyerupai alat proses hormon penelitian tersebut berkata bahwa stres yang tinggi hanya terjadi ketika seorang laki-laki berkhalwat dengan wanita asing (bukan mahram), dan stres tersebut akan terus meningkat pada saat wanitanyamemiliki daya tarik lebih besar! Tentu saja, ketika seorang pria bersama dengan wanita yang merupakan saudaranya sendiri atau  saudara dekat atau ibunya sendiri tidak akan terjadi efek dari hormon kortisol. Seperti halnya ketika pria duduk dengan seorang pria aneh, hormon ini tidak naik. Hanya ketika sendirian dengan seorang pria dan seorang wanita yang aneh!
Para peneliti mengatakan bahwa pria ketika ada perempuan asing disisinya, dirinya dapat membayangkan bagaimana membangun hubungan dengannya (jika tidak emosional), dan dalam penelitian lain, para ilmuwan menekankan bahwa situasi ini (untuk melihat wanita dan berpikir tentang mereka) jika diulang, mereka memimpin dari waktu ke waktu untuk penyakit kronis dan masalah psikologis seperti depresi.
Nabi  saw mengharamkan "khalwat"
Kita semua tahu hadits yang terkenal yang mengatakan: "Tidaknya ada orang yang seorang laki-laki berkhlawat dengan wanita kecuali setan adalah yang ketiga, hadits  ini menegaskan diharamkannya berkhalwat bagi seorang pria dengan wanita asing  atau bukan mahramnyaI . karena itu Nabi saw melalui syariat ini menginginkan kita menghindari banyak penyakit sosial dan fisik.
Ketika seorang beriman mampu  menghindari diri dari melihat wanita (yang bukan mahram) dan menghindari diri dari berkhalwat dengan mereka, maka ia mampu mencegah penyebaran amoralitas dan dengan demikian melindungi masyarakat dari penyakit epidemi dan masalah sosial, dan mencegah individu dari berbagai penyakit ... Kami sampaikan kepada mereka yang tidak puas dengan agama kami yang hanif: Bukankah Islam sebagai agama layak dihormati dan diikuti?

--------------------
Oleh: Abduldaem Al-Kaheel

Referensi:
http://www.telegraph.co.uk/news/newstopics/howaboutthat/7668344/Beautiful-women-can-be-bad-for-your-health-according-to-scientists.htm

BODY CONDITION SCORE PADA SAPI DAN DOMBA



Body Condition Score atau BCS adalah penilaian kondisi tubuh yang didasarkan pada estimasi visual timbunan lemak tubuh dibawah kulit, sekitar pangkal ekor, tulang punggung dan pinggul menggunakan skor.
BCS digunakan untuk menentukan potensi produksi seekor ternak. Karena sapi-sapi yang terlalu gemuk atau kurus mempunyai resiko yang lebih besar pada metabolisme,  angka kebuntingan dan kemungkinan terjadi Distocia.
1.      BCS pada Sapi


Gambar tersebut menjelaskan pembagian scoring pada BCS.  Skala penilaian BCS adalah dari 1 sampai 8. Semakin tinggi nilai BCS, berarti bobot badan sapi semakin besar.



2.      BCS pada Domba

Sama seperti pada sapi, BCS pada domba menggunakan metode penilaian visual pada penumpukan daging pada bagian sekitar pangkal ekor, tulang punggung dan pinggul. Pembagian skor BCS ada lima, seperti terlihat pada gambar di bawah. Skala BCS pada domba adalah 1 sampai 5, semakin rendah
skala, semakin rendah  bobot badan domba.



Sumber :
Simalenga, Timothy E. and Anne Pearson. Using Cows for Works. www.cd3wd.com/cd3wd_40/lstock/001/DAP/cows-work/cowork001

Komposisi Buttermilk dan Whey


Buttermilk
Buttermilk merupakan hasil samping yang berwujud fase liquid yang terpisah dari pembuatan mentega. (Morin et al., 2007a). Dalam beberapa tahun, buttermilk merupakan produk sisa pengolahan susu yang tidak mempunyai manfaat. Namun, sejauh ini dilakukan penelitian bahwa buttermilk masih mengandung beberapa nutrisi yang masih dapat digunakan.
Nilai nutrisi buttermilk hampir sama dengan skim atau susu tanpa lemak. Buttermilk merupakan sumber yang baik untuk pemenuhan potassium, vitamin B12, kalsium, riboflavin, fosfor, zink, magnesium, asam panthotenic, niasin, thiamine, asam folat, dan vitamin B6. Selain itu, dalam proporsi yang sama dengan susu skim buttermilk juga mengandung laktosa, mineral, protein susu skim (kasein dan whey) (Corredig et al.,1997).  Namun, konsentrasi lemak di dalam buttermilk jauh lebih tinggi daripada susu skim, susu seutuhnya dan krim (Christie et al., 1987; Rombaut et al., 2005). Menurut Britten et al. (2008), proporsi protein dalam buttermilk kurang lebih terdiri atas 59% kasein, 23% protein serum, α-lactalbumin dan β-lactoglobulin. Kandungan lemak pada buttermilk bervariasi, tergantung pada kondisi pengolahan dan asal susu.

Whey
Whey merupakan hasil samping dari pembuatan keju yang didapatkan setelah pemisahan kasein dan lemak susu selama koagulasi. Berdasarkan pengolahannya, ada beberapa jenis whey yaitu sweeet whey atau renet whey dan acid whey atau quark whey.
Komposisi yang terkandung dalam kedua whey tersebut juga berbeda. Pada acid whey yang merupakan serum susu yang diperoleh selama koadulasi asam, masih terdapat kalsium laktat, kalsium para-kasein, α-lactalbumin,             β-lactoglobulin, immunoglobulin, dan albumin serum. Sweet whey merupakan serum susu yang diperoleh dari koagulasi enzimatik  dari kasein dan umumnya tanpa kalsium. Kandungan lemak dalam whey tergantung pada kandungan lemak pada keju yang terbentuk. Jika kandungan lemak dalam keju tinggi, maka kandungan lemak dalam whey juga tinggi. Selain itu, whey juga mengandung vitamin B dan C, vitamin B12, dan lactoflavin yang memberi warna kehijauan dan kekuningan pada whey.
Berikut merupakan perbandingan antara sweet dan acid whey :
GENERAL COMPOSITION OF FRESH WHEY
S.No
Constituent
Unit
Sweet whey
Acid whey
1
Water
%
93-94
94-95
2
Dry matter
%
6-6.5
5-6
3
Lactose
%
4.5-5
3.8-4.3
4
Lactic acid
%
traces
up to 0.8
5
Total protein
%
0.8-1.0
0.8-1.0
6
Whey protein
%
0.6-0.65
0.6-0.65
7
Citric acid
%
0.1
0.1
8
Minerals
%
0.5-0.7
0.5-0.7
9
pH      

6.4-6.2
5.0-4.6
10
SH Value

about 4
20-25

Referensi :

Vanderghem, C. Et al. Milk fat globule membrane and buttermilks: from composition to valorization.Gembloux Agro Bio Tech.  Nomor 3 Volume 4. 2010.

www.answers.com

Tugas Biokimia Nutrisi



TUGAS BIOKIMIA NUTRISI/NURUL ARIFAH/H2A 009 210
A.      Produksi dan kualitas beberapa telur ayam : telur ayam pelung, ayam cemani, ayam kampung, dan ayam arab.


Parameter
Ayam Pelung3
Ayam Cemani
Ayam Kampung
Ayam Arab
Ayam Petelur komersil
Produksi (butir/tahun)
119
39-683
60-901 ; 1513
190-250
2595
Kualitas
Berat telur 41 gram
Berat telur 40 – 50 gram3
Berat telur 44 gr3,
protein12,8%, lemak 11,5%,
karbohidrat 11,5%, air 74%5,
vitamin A 660 mcg, vitamin D 1,3 mcg,
vit B1 0,4 mg, vit E 2,0 mcg,
kalsium 60 mg, besi 2,2 mg,
fosfor 240 mg4
berat telur 42,3 gr,
Kuning telur 53,2% dari total berat,
protein 12,74%, lemak 9,22%, karbohidrat 3,67%, air 72%5
Berat telur 62,6 gr, protein 12,10%, lemak 10,50%, karbohidrat 1%, air 65,6%5





Keterangan :
      1.      Warwick et al. (1990) dalam Wulandari (2008)
      2.      Creswell dan Gunawan (1982)
      3.      Rukmana (2003)
      4.      Tim Agromedia Pustaka (2001) dalam Susmiyanto et al. (2002)
      5.      Triharyanto (2001) dalam Susmiyanto et al. (2002)

Berdasarkan atas di atas dapat disimpulkan bahwa produktivitas telur berbagai ayam buras lebih rendah daripada produktivitas telur ayam ras. Tetapi kualitas telur ayam ras petelur lebih rendah dibandingkan dengan telur ayam buras pada umumnya.


B.               Cage Layer Fatigue
Cage layer fatigue adalah kondisi yang sering menyerang ayam petelur pada produksi tinggi. Kejadian ini disebabkan karena ketidakseimbangan antara mineral atau elektrolit di dalam tubuh ayam petelur. Selain itu, kelainan ini disebabkan karena defisiensi kalsium yang dibutuhkan untuk produksi telur. Jika kalsium yang dikonsumsi kurang, maka ayam petelur akan menyerap kalsium yang ada pada tulang sehingga tulang menjadi mudah patah. Hal tersebut menyebabkan ayam tidak dapat berdiri dengan tegak. Ayam yang berada dalam kandang single lebih rentan terhadap CLF, karena dengan kandang bersama, ayam akan lebih banyak melakukan gerak sehingga dapat menguatkan tulang. CLF dapat diatasi dengan suplementasi fosfat, kalsium dan vitamin D (Mississippi State University).

Ayam yang terkena Cages Layer Fatigue








Referensi
Creswell, D.C. & B. Gunawan. 1982. Ayam-ayam Lokal di Indonesia. Laporan Seminar Ilmu dan Industri Perunggasan U. Ciawi. Bogor.
Caged Layer Fatigue. Miscellaneous Management Related Diseases. Mississippi State University.
Rukmana R.2003. Ayam Buras Intensifikasi Dan Kiat Pengembangan. Hlmn 17-25.ISBN:9792106804. Yogyakarta: Kanisius
Susmiyanto, et al. 2002. Studi Kasus Peternakan Hasil Silangan Ayam Arab dengan Ayam Kampung di desa Bantarpanjang Sukajadi Bogor. Isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/32081127.pdf
Wulandari, A.N. 2008. Studi tentang Keragaman Genetik melalui Polimorfisme Protein Darah dan Putih Telur pada Tiga Jenis Ayam Kedu Periode “Layer”. Program Studi Magister Ilmu Ternak Program Pascasarjana-Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro : Semarang. (Tesis)

10 Januari 2012

Saya percaya akan cahayaNya..

tidak ada yang tahu kapan, dimana, dan darimana hidayah itu datang...
seperti saya sekarang ini, entahlah... berhari-hari seperti mayat hidup...sekali lagi saya katakan..seperti mayat hidup... mampu melangkah tapi seperti tanpa ruh..
dan saya sangat ingin menangis..tapi entah juga, sangat susah sekali.. tilawah sudah, mendengarkan tilawah sudah...membaca bermacam-macam buku..atau hanya meminta nasehat dari beberapa teman...
tapi, semuanya seperti belum mampu membuka mata dan hati saya... bebal, ndablegh,,dan lain sebagainya, intinya, agak sedikit susah dinasehati..
padahal tugas-tugas menumpuk,,saya enggan mengerjakan..selain karena sakit,,seperti ada sesuatu yang menahan saya bekerja.. 
dan siang ini..tiba-tiba ingin searching lirik I believe -nya Irfan Makki ft. Maher Zein... dan ketemu!
sambil mendengarkan lagunya, saya ikut bersenandung menyanyikan liriknya..


dan... subhanallah... tiba-tiba menangis begitu saja..


You’re always in our hearts and minds
Your name is mentioned every day
I’ll follow you no matter what
My biggest wish is to see you one day...

(lirik lengkap ada di postingan saya sebelumnya)




padahal selama ini saya muslim dan selama ini pula saya melaporkan segala kesulitan padaNya..
saya menyembahNya, saya YAKIN, saya PERCAYA akan kuasaNya...tapi kadang tiba-tiba seperti limbung dan kehilangan pijakan...


maka kawan, jangan sampai mengalami kejadian seperti saya, limbung, bingung, hampa, seperti mayat hidup tanpa tujuan...


Believe that Allah's always there for us,...


I believe, do you believe?