17 Oktober 2011

a miracle of lactation

Mendengar penjelasan pak ABS tentang kering kandang pada sapi perah. Perlu dilakukan karena untuk mengembalikan kesegaran pada sel sekretori ambing dan untuk mengatur sel-sel reproduksi. Sehingga pada sapi perah, produksi susu dapat berlangsung dengan baik setelah diadakan kering kandang.
Dan beliau juga sering nyeletuk, tadi pagi, begini kira-kira bunyinya “Itu juga yang menyebabkan kenapa para ibu-ibu harus menyapih anaknya pada umur dua tahun. Biar kelenjar mamae istirahat dan ada KB alaminya”
Entah beliau sadar atau tidak, tapi yang saya tangkap adalah pernyataan beliau itu, ada di dalam alQuran..
Dalam surat Al Luqman 14, “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”
Dalam ilmu reproduksi, penghentian penyusuan atau laktasi sangat berpengaruh pada sel-sel reproduksi. Mekanisme singkatnya begini, apabila masih menyusui atau laktasi, hormon oksitosin akan terus bekerja mengeluarkan susu, dan dengan mekanisme hormonal, akan menghambat produksi estrogen dan estrus. Estrus adalah istilah bagi mamalia atau hewan ternak, atau juga manusia, yang sedang dalam keadaan siap untuk dikawini..
Jadi singkatnya, jika sudah berhenti menyusui atau laktasi, maka estrogen dapat diproduksi kembali dengan lancar tanpa ada hambatan dari oksitosin, dan perkawinan pun akan dengan mudah dilakukan kembali..dan pada ibu-ibu, kemungkinan untuk punya anak, dapat terjadi kembali.
Tentang KB alaminya, dalam al Quran juga disebutkan bahwa “menyapih dalam dua tahun”, jika setelah itu mulai hamil kembali, berarti ditambah sembilan bulan mengandung dan melahirkan, kira-kira jarak anak satu dengan lainnya, kurang lebih hampir sekitar tiga tahunan.. Tiga tahun bukan jarak yang terlalu pendek, juga tidak terlalu panjang..
Subhanallah,, tanpa KB spiral atau yang lain, Allah telah mengajarkan KB alami di al Quran.. dan saya sudah banyak melihat teman-teman atau saudara yang punya kakak atau adik dengan jarak tiga tahunan, mereka sangat akur, dan entahlah, saya suka melihatnya..hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar