4 Oktober 2018

Melatih Kemandirian part 1

Hari 1

Alhamdulillah masuk di Tantangan 10 hari Level 2 di Kuliah Bunda Sayang IIP, tugas kami kali ini adalah untuk Melatih Kemandirian. Di IIP ini, membernya tidak hanya emak-emak, tapi ada juga gadis, atau pasangan-pasangan yang belum dikaruniai anak. Khusus untuk emak-emak yang sudah beranak, game Melatih Kemandirian ini diminta melibatkan anak, anak sebagai aktor utama untuk dilatih beberapa hal mengenai kemandiriannya. Dalam waktu satu bulan, kami diminta melatihkan minimal 1 latihan, maksimal 4 latihan per minggunya. Bagi anak saya, Fathan, yang kini sudah masuk usia 20 bulan, rencana kami adalah melatih beberapa hal :
- Toilet Training level 1
- Berjalan memakai Sandal Jepit
- Membereskan mainan
- Makan sendiri
Hari ini kami sedang berada di rumah mertua saya di Banjarnegara, kurang lebih akan kami jalani hari-hari di sini maksimal satu minggu. Saya sempat berdiskusi dengan suami, latihan apa yang kira-kira tepat bagi Fathan sekarang..
"Oke! Toilet training aja, udah pinter kok dia,, pokoknya tiap bangun dan mau tidur, diajak pipis dulu. Kamu semangat ya!"
Toeng,, saya jujur belum begitu siap untuk toilet training yang harus ngepel-ngepel begitu, maka saya meringankannya dengan memberi judul tantangan 'Toilet Training level 1', dimana saya meniatkan untuk membimbing dia pipis ketika akan dan bangun tidur, dan mungkin nanti sounding2 mengajarkan bagaimana bilang 'Ibuk, pipis' jika terasa kebelet. Tapi tetap saya pakaikan clodi di kesehariannya.. Untuk hari ini, tantangan ini masih gagal, hehe..
Tantangan lain adalah memakaikan dia sandal jepit untuk jalan-jalan di kampung. Hal ini karena, beberapa tetangga kami yang dulu ada di usia Fathan sekarang, sudah banyak yang mahir berjalan-jalan pakai sandal jepit. Sementara Fathan masih pakai sepatu sandal terus. Sudah dibelikan sandal jepit oleh Bapaknya, tapi sepertinya terlalu berat untuk dia pakai jalan-jalan, karena masih latihan, jari jempol dan telunjuk kakinya terlalu kencang menjepit, jalannya susah, dan sering minta dilepas.  Dan akhirnya hari ini kami belikan lagi sandal jepit dari karet yang ada penahan di bagian belakang, ringan dipakai dan terbantu dengan penahan di belakang. Alhamdulillah durasi jalan dengan sandal jepit tadi lumayan lama, meski masih minta dilepas karena Fathan terlalu heboh saat berjalan. Besok lanjut latihan lagi.

Untuk makan dan membereskan mainan, hari ini juga masih failed, belum selesai makan, sudah mau lari-lari mainan sama sepupunya. Mainannya karena barengan dengan sepupu, ya tergeletak saja di ruang tengah rumah mertua..

#Harike1
#Gamelevel2
#Tantangan10hari
#MelatihKemandirian
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar