11 Oktober 2018

Ketemu Adik Bayi

Hari ke 8
Hari ini saya mengajak Fathan menengok sepupunya, keponakan saya, yang lahir prematur pada bulan Juli lalu. Alhamdulillah dia sudah besar untuk ukuran anak yang lahir dengan BB 1,4 kg. Di usianya yang 3 bulan ini, beratnya sudah 4,3 kg.

Yang menarik perhatian saya adalah selalu, Fathan masih asing dengan adik bayi. Tidak seperti saat melihat anak di atas usianya, Fathan tidak begitu tertarik dengan adik bayi. Mungkin karena belum bisa diajak lari-lari. Haha. Saya merasa perlu juga mengajarkan dia mau momong adik bayi. Agar nanti saat dia punya adik, dia tidak asing dengan bayi, juga agar memperkecil kemungkinan sibling rivalry. Saat saya berusaha memperlihatkan video perkembangan janin sampai lahir, dia juga belum tertarik.

Mungkin nanti ketika saya sudah hamil, berapapun usia Fathan, akan saya ceritakan tentang perkembangan janin hingga lahir. Hal ini menurut saya akan sangat penting bagi perkembangan kemandirian emosi dan sosialnya. Bahwa kami, sebagai orangtuanya, insyaallah akan memiliki anak-anak lain selain Fathan, yaitu adik-adiknya. Agar Fathan mu berbagi. Mengajari dia mandiri, mau momong, juga adalah wujud kasih sayang kami..

#Harike8
#Gamelevel2
#Tantangan10hari
#MelatihKemandirian
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar