29 Mei 2013

Sedang Belajar tentang Ikhlas


Keren sekali cara mendidik di jalan ini...
Karena kita benar2 akan disadarkan dalam sebuah ketidaksadaran...
Kadang kita merasa telah mendapat banyak sekali ilmu. Namun kenyataan menunjukkan sebaliknya, betapa kita sangat diwajibkan untuk selalu haus ilmu dan selalu menerapkan ilmu yang kita dapat itu, secepatnya. Hingga kita tidak hanya mendapat, tapi juga melakukan, dan lalu memahami, dan kita menjadi.
Seperti tentang ikhlas. Kita pasti, sudah mendapatkannya sejak kecil dulu.. Ketika hak-hak kita dirampas sekenanya, atau ketika kita ditimpa musibah yang membuat kita tidak enak hati. Orang-orang dewasa di sekitar kita, sering mengumandangkan kata-kata ikhlas, menuntun kita untuk mampu mengikhlaskan sesuatu, apapun bentuknya..
Dan konsep ikhlas itu, pasti sudah banyak kita pelajari lewat berbagai peristiwa, hingga umur kita kini. Bukan begitu?
Tapi kadang, kita terlalu kekanak-kanakan dalam memandang suatu masalah yang sedang menimpa.. Dan lalu kita menjadi seperti belum pernah mendengar kata ikhlas. Ikhlas menjadi sebuah kata yang seakan baru saja muncul di kamus kehidupan kita..
Lalu apa yang terjadi jika kita lupa, bahwa ternyata kata ikhlas itu sudah selayaknya kita kenal dari dulu, dan sudah seharusnya kita memahami, dan menjadinya..?

1 komentar: