7 April 2012

yg lain dari hibridisasi


Kata pak syaiful anwar, dosen saya yang baik hati...

Hibridisasi pada suatu makhluk hidup merupakan suatu proses penyatuan dua protoplas dari dua individu berbeda yang menghasilkan individu baru yang memiliki sifat ibu dan bapaknya.. hibridisasi dapat terjadi baik pada sel reproduksi (sperma dan ovum), maupun sel somatik (selain sel reproduksi).
Simpel nya begini,, jika ada dua sel reproduksi bertemu (spermatozoa dan ovum), sel tersebut akan menyatu satu sama lain, dimana inti sel nya memiliki masing-masing setengah dari ayah dan ibu..tapi di luar inti, yaitu di sitoplasma,  merupakan seratus persen pengaruh ibu..
Padahal aktivitas-aktivitas kehidupan sebuah sel terjadi di sitoplasma.. karena di sana ada mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi,,dan lain-lain.. dimana pernafasan, metabolisme sel, dan segala pekerjaan dilakukan..hingga membentuk sebuah sel yang utuh..

Kata beliau, berbahagialah kalian calon ibu..
Karena jika dalam diri kalian terkandung sifat-sifat baik, maka kebaikan itu akan banyak diturunkan pada anak-anak kalian. Tapi kalau sifat kalian buruk, jangan heran kalau anak kalian itu bersifat kurang baik..
Kemudian, saya jadi ingat nasehat Rasulullah tentang ibu..mengapa beliau mengatakan kita harus menghormati ibu, dan Rasulullah menekankan sebanyak tiga kali.. “Ibu, ibu, ibu,,lalu ayahmu”
Karena dalam fitrahnya, ibu memang begitu banyak memberi pengaruh pada kita.
Indahnya Islam, tidak pernah kuno... kalau kita mau merenung, dari zaman Nabi Adam hingga kini, begitulah proses hibridisasi, pada zaman Rasulullah juga begitu.. dan Allah memberi pengetahuan pada beliau yang ummi..untuk beliau sampaikan pada umat manusia,, dan membiarkan kita mencari tahu kenapa begini kenapa begitu,,,
Hingga ketika kita sudah menemukan, iman kita semakin bertambah-tambah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar