24 April 2012

catatan hari lalu


Lagi ngerjain tugas di perpus...
Dengan laptop di depan dan bersama teman-teman yang sedang berdiskusi...
Kira-kira,,dua jam saya di sini..
Malah tiba-tiba teringat sesuatu,
Sebuah nasehat yang dulu disampaikan Bunda Neno Warisman ketika ada acara,
Pemilihan ibu inspiratif dan ibu kreatif se Semarang
Beliau menyampaikan..
“Ibu saya menasehati, kalau sedang main atau silaturahmi ke rumah teman,, paling lama sepuluh sampai lima belas menit.. kalau keperluanmu sudah selesai, lekaslah pulang..”
Karena kata beliau, setelah sepuluh menit itu, apalagi sampai berjam-jam, bahan pembicaraan atau obrolan setelah silaturahmi pasti akan sangat banyak. Yang ujung-ujungnya, bukan hanya menceritakan bagaimana kabar masing-masing, bagaimana kabar orang tua, atau bagaimana kesibukan akhir-akhir ini... tapi bahkan hingga pada pembicaraan mengenai kabar orang lain, kabar teman ini kabar teman itu, berita miring teman ini, berita miring teman itu... dan lain sebagainya..
Dan pasti, mau tidak mau, yang menjadi bahan perbincangan bukan hanya keadaannya, tapi bertambah-tambah menjadi sifat personal, kebiasaan.. dan lain-lain,, awalnya membicarakan kebaikan, ujung-ujungnya membicarakan kejelekan..
Entahlah, saya tidak terlalu memperhatikan bagaimana teman-teman saya berdiskusi,, hanya sekilas-sekilas saja mendengar.. mereka menyebut nama orang, dan begini dan begitu...
Hmmmh,,, intinya, bergaullah seperlunya. Jika diam itu dirasa lebih baik, maka diamlah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar