10 April 2012

semangat belajar peternakan karenaNya


Sedikit renungan yang semoga membuat kita sedikit bangga sebagai mahasiswa muslim peternakan...

Coba buka Al Qur’an,,, apa judul surat kedua setelah Al Fatihah?...
Jawabannya, Al Baqarah : Sapi Betina..

Coba hitung jumlah surat yang menggambarkan nama hewan di Al Qur’an..
Jawabannya,,, ada Al Aadiyat (Kuda perang), Al Baqarah (Sapi betina), An Naml (semut), An Nahl (lebah), Al Ankabuut (laba-laba), ...apa lagi yaa,, cari sendiri deh..

Coba cari, pasti ada salah satu surat di Al Quran yang khusus bertema Hewan Ternak.. ya kan?? Judul Suratnya,, Al An’aam..yang artinya, ya itu tadi, hewan ternak..

Selain itu,, Allah juga ngasih tau kita lewat Al Quran,,tentang bagaimana bergunanya hewan ternak bagi manusia... gak percaya?? Nih buktinya...

Untuk konsumsi...baik daging maupun susunya,,

QS Al Mu’minuun ayat 21 :
“Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan

QS An Nahl ayat 66 :
“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.”

QS Al An’aam 142 :
“Dan di antara hewan ternak itu ada yang dijadikan untuk pengangkutan dan ada yang untuk disembelih. Makanlah dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.”

QS Al Hajj ayat 30 :
“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan apa-apa yang terhormat di sisi Allah[989] maka itu adalah lebih baik baginya di sisi Tuhannya. Dan telah dihalalkan bagi kamu semua binatang ternak, terkecuali yang diterangkan kepadamu keharamannya, maka jauhilah olehmu berhala-berhala yang najis itu dan jauhilah perkataan-perkataan dusta.”

QS Al Hajj ayat 28 :
“..supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan[985] atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak[986]. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”

QS Al Maidah ayat 1:
“Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu[388]. Dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (Yang demikian itu) dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya.”

Untuk dimanfaatkan tenaganya..
QS Al Mu’min ayat 80 :
“Dan (ada lagi) manfaat-manfaat yang lain pada binatang  ternak itu untuk kamu dan supaya kamu mencapai suatu keperluan yang tersimpan dalam hati dengan mengendarainya. Dan kamu dapat diangkut dengan mengendarai binatang-binatang itu dan dengan mengendarai bahtera.”

QS Al Mu’min ayat 79 :
“Allahlah yang menjadikan binatang ternak untuk kamu, sebagiannya untuk kamu kendarai dan sebagiannya untuk kamu makan.”

QS Az Zukhruf ayat 12 :
“Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi.”


Untuk dimanfaatkan bulu, kulit dan hasil ikutannya..
QS An Nahl ayat 5 :
“Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat, dan sebahagiannya kamu makan.”

QS An Nahl ayat 80 :
“Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).”


Untuk dikembangbiakkan atau diternakkan..

QS As Syura ayat 11 :
“(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan- pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat.”

QS As Sajdah ayat 27 :
“Dan apakah mereka tidak memperhatikan, bahwasanya Kami menghalau (awan yang mengandung) air ke bumi yang tandus, lalu Kami tumbuhkan dengan air hujan itu tanaman yang daripadanya makan hewan ternak mereka dan mereka sendiri. Maka apakah mereka tidak memperhatikan?”

Bahkan hingga untuk kesenangan kita karena keindahan yang ada padanya..

QS Ali Imran ayat 14 :
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”

QS As Syu’ara ayat 133 :
Dia telah menganugerahkan kepadamu binatang-binatang ternak, dan anak-anak,”

QS Fathir ayat 28 :
“Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah orang-orang yang mengerti. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

Kurang apa coba,,ya kan?? Allah ngasih kita ilmu untuk kita mampu bermanfaat bagi orang lain, dan beruntunglah kita diberi kesempatan belajar tentang peternakan,,sehingga kita bisa memanfaatkan ilmu kita untuk apa yang telah Allah ciptakan yaitu hewan ternak.

Saya seorang muslim, dan saya yakin kita sesama muslim masih yakin terhadap adanya Allah dan apa yang telah Dia firmankan dalam Al Quran.. masih ragu dengan keislaman kita?? Masih tidak semangat dalam belajar peternakan??

Ayo semangat... para nabi juga dulunya peternak lho...

Nabi Muhammad misalnya, juga belajar berwirausaha hingga menjadi sukses dengan beternak dan berdagang,,,

Mahar Rasulullah kepada Khadijah (istri pertamanya) aja berupa berekor-ekor unta merah... dan perlu diketahui, unta merah itu jenis unta paling top..nah lho,,,kalo Rasulullah nggak kaya, mana mungkin beliau mampu ngasih mahar berekor-ekor unta,,ya kan??

Dosen-dosen,,bahkan para pengusaha peternakan aja sering bilang, nggak usah takut miskin dengan peternakan.. karena selama manusia butuh makan, peternakan akan tetap berjalan..

Tinggal bagaimana kita memanfaatkan ilmu kita untuk jauh lebih bermanfaat lewat peternakan..

Mari, tetap semangat ber-islam dan belajar peternakan..
Semoga Allah meridhoi..

1 komentar: