10 Januari 2013

jangan ngegombal yaa

pagi-pagi ini, kajian di wisma diisi dengan tilawah quran, meski satu anak satu ayat, itu cukup membentuk kebiasaan baik,,,

BUKAN ITU INTI TULISAN INI!

karena tadi pagi kajian qurannya baru sampai Al Baqarah ayat 230-an...
ada satu ayat yang membuat saya sumringah, lagi-lagi tentang nikah!

235. Dan tidak ada dosa bagi kamu meminang wanita-wanita itu[148] dengan sindiran[149] atau kamu menyembunyikan (keinginan mengawini mereka) dalam hatimu. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut mereka, dalam pada itu janganlah kamu mengadakan janji kawin dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan (kepada mereka) perkataan yang ma'ruf[150]. Dan janganlah kamu ber'azam (bertetap hati) untuk beraqad nikah, sebelum habis 'iddahnya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu; maka takutlah kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. 




[148]. Yang suaminya telah meninggal dan masih dalam 'iddah.

[149]. Wanita yang boleh dipinang secara sindiran ialah wanita yang dalam 'iddah karena meninggal suaminya, atau karena talak bain, sedang wanita yang dalam 'iddah talak raji'i tidak boleh dipinang walaupun dengan sindiran.

[150]. Perkataan sindiran yang baik.

cari tafsirnya sendiri yak!
tapi bagi saya, ayat ini mengandung nasehat yang dalemm...

"...dalam pada itu janganlah kamu mengadakan janji kawin dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan (kepada mereka) perkataan yang ma'ruf"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar