14 Februari 2012

negative effect..

cerita teman Anda membuat Anda lemah? jangan dengarkan...

komentar teman Anda menjatuhkan Anda? biarkan...

teman Anda berbicara dengan nada melemahkan? tetaplah tersenyum...

teman Anda sering mengeluh di hadapan Anda? Bilang saja "Oooo"

sebagai seorang yang lebih suka mendengar, saya banyak mendengar kata-kata..baik itu memotivasi maupun menjatuhkan...

dan kini, makin dewasa, makin banyak saringan... hingga saya bisa menilai, mana suara yang harusnya saya dengar dan mana yang tidak.. mungkin terlalu terlambat dalam memahami hal tersebut, tapi saya bersyukur karena diberi waktu untuk menikmati proses pendewasaan dan pengertian...

akhir-akhir ini, ketika saya sudah mendapatkan dosen pembimbing untuk PKL (yang beliau adalah termasuk dosen PERFEKSIONIS menurut pandangan kebanyakan mahasiswa)...saya semakin mengerti bahwa apa yang kita dengar tidak harus 100% diserap dan di'iya' kan..

banyak mahasiswa, terutama kakak kelas mengatakan bahwa dosen ini killer,dosen ini perfeksionis, dosen itu susah dimintai tanda tangan, dosen ini begini,,dosen itu begitu...dan bla,bla,bla...

sekarang, semakin banyak tahu, semakin saya mengerti.. saya yakin, semua dosen punya tujuan baik menyangkut masalah akademik mahasiswanya,,hanya saja, mungkn antara yang satu dan lainnya berbeda cara penyampaian... ada yang lemah lembut langsung pada intinya, ada yang keras tapi penuh makna, ada yang hanya dengan isyarat untuk menguji kecerdasan kita..

dan kini, saya sedang belajar memahami seorang dosen yang terkenal "susah"... tapi,,kembali lagi saya memilih untuk menutup telinga dari cerita dan komentar2 buruk dari beberapa kakak kelas mengenai beliau.. efek negatifnya sangat terasa, ketika kita banyak mendengar hal buruk tentang seseorang...tiba-tiba keringat dingin mengucur hanya untuk mengirim sms,,padahal, jika sms sudah terkirim, beliau langsung menanggapi dengan santun...

begitulah, telinga memang untuk mendengar, tapi kita dikaruniai hati dan otak untuk bahan penyaringnya... stay cool with your best, and don't hear any other negative opinions...so you'll never get the negative effect..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar