8 Februari 2012

Benar-benar kangen

rindu yang teramat sangat, selalu membuat sesak. Malam ini, setelah mengetikkan beberapa nama di search engine,, saya menemukan beberapa orang yang dulu pernah jadi sahabat erat waktu SMP, dan nama-nama guru di SMP..
langsung tanpa ba bi bu...padahal hanya melihat nama-nama jajaran pengajar waktu SMP dulu, kembali saya menangis... saya kangen... kangen masa-masa dulu dibimbing mereka... kangen masa lalu dimana saya dapat berdiri sejajar dalam perbedaan agama dan suku... bahwa saya dapat berakrab ria dengan para etnis Tionghoa.. kangen saat-saat dihukum di depan kelas karena lupa membawa buku pelajaran.. kangen ditegur oleh sang kepala sekolah yang merangkap guru matematika karena menuliskan huruf N secara terbalik dan titik di huruf i yang tidak pada tempatnya...
dan yang membuat saya terharu adalah kenyataan bahwa mereka adalah guru-guru yang memiliki dedikasi tinggi dalam mendidik.. sampai sekarang, saya selalu ingat bagaimana kami sangat bersemangat untuk belajar dan tidak bermalas-malasan... saya kangen dengan kedisiplinan yang diterapkan di sana...
sedikit cerita, di SMP Remaja Parakan, kami diwajibkan memakai sepatu yang sama... berbahan kain warna hitam dengan lapisan putih di bawah dan bagian depan, atau lebih terkenal dengan sepatu warrior.. tujuannya adalah agar tidak ada kesenjangan ekonomi antar siswa,, karena semua benar-benar sama, yang membedakan hanya warna kulit..itu pun tidak menjadi masalah... lalu, agar kami berbeda dengan sekolah lain, pada jaman saya, (dan sepertinya sampai sekarang), kami mengenakan seragam osis dari hari Senin hingga Jumat..
sepatu warrior yang digunakan boleh berbagai merk, tapi harus yang tinggi, tidak boleh yang pendek..haru berwarna hitam..kalau ketahuan yang pendek atau berwarna lain, bisa jadi nyeker/tidak memakai sepatu selama seharian penuh dan menitipkan sepatu di kantor guru...

ada lagi, kalau telat masuk lebih kurang 15 menit, dikurung dulu di depan ruang guru.. dan selanjutnya menyapu seantero sekolah...meski SMP Remaja kala itu termasuk kecil, menyapu seluruh bagian sekolah merupakan tugas yang berat karena disertai perasaan bersalah dan malu...

akhir-akhir ini, saya menunjukkan foto sepatu di atas lewat facebook.. dan beberapa teman berkomentar... tentang bagaimana mereka sangat kangen dan terkenang dengan masa-masa SMP... maupun ada berita terbaru mengenai keadaan seorang guru bahasa Inggris...Pak Budi Heriyanto namanya.. semoga sakitnya lekas sembuh,,

SMP Remaja,,, terletak di belakang SMP Negeri 1 Parakan Kab. Temanggung..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar