17 September 2018

Fokus pada Solusi bukan Masalah


Kurang lebih dua minggu yang lalu, Fathan mengalami terkilir di kaki yang mengharuskannya digendong beberapa hari karena kakinya jadi bengkak. Alhamdulillah di hari ketiga setelah jatuh, bengkaknya berkurang dan dia mau belajar jalan pelan-pelan meski kakinya masih kaku. Setelah dipijat beberapa kali, akhirnya dia aktif lagi jalan dan setengah berlari tanpa harus diawasi ketat lagi.
Tapi hari ini ketika dia aktif-aktifnya berjalan, dia tersandung karpet saat ingin menuju Mbah Yayi meminta makanan.
"Innalillahi.." ujar saya, agak keras. Dia sepertinya kaget lalu menangis.
Dan dia menangis, sambil jejeritan. Saya takut kalau kakinya terkilir dan bengkak lagi.
Lalu saya bopong dia, saya ajak ke dapur lihat jeruk, lihat rengginang, ke kamar mandi beresin bekas mandinya. Tapi dia masih menangis. MasyaAllah..
"Eh yuk bikin wedang jeruk yuuk, manis loh jeruknya.."
"Huaaaa...."
Saya berusaha untuk tidak menyinggung tentang kakinya, karena dia pasti menangis lebih kencang. Lalu saya fokuskan ke hal lain, sesekali saya nasihati dia agar hati-hati berjalan.
"Fathan kan tadi mau minta rengginang nya Mbah Yayi ya..? Inii di sini, buka toplesnya.."
"Hiks hiks.." sudah mereda..
Lalu saya usap kakinya untuk mengecek apakah kaku atau bengkak lagi, dia malah menangis lagi. Oke, alihkan lagi.
"Nenen Ibuk ya," lalu dia nenen dengan masih agak mengeluhkan kakinya.
"Ayo jeruknya diminum.." Ibu saya menawarkan, tapi dia menangis lagi..
Dan dengan amat sangat terpaksa, saya mengalihkan untuk menonton kartun di TV :(, tidak apa-apa lah ya. Saya menonton Hachi, menunjukkan lebah dan burung. Dan alhamdulillah setelah beberapa lama dia berhenti menangis dan mau berjalan lagi. Sebenarnya selain menonton TV, saya bisa ajak dia keluar rumah. Tapi saya pikir, saya ingin menenangkan dia dulu di dalam rumah, agar ketika keluar sudah ready main, tanpa ada pertanyaan retoris dari tetangga. 'Kenapa menangis?', yang kadang hanya untuk bahan cerita saja bagi mereka, hihi.. eh astaghfirullah, tidak boleh suudzon, tapi realistis. Sudah, fokus saja pada solusi, bukan masalah, ya.. Wkwk..
#hari6
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar