27 April 2013

kangen...

kangen Bapak, kangen Ibuk, kangen Mbak-mbak...

kangen bukain pintu buat Bapak waktu beliau pulang kerja dari Semarang tiap malam...

kangen Ibuk yang nangis pas saya bosan sekolah waktu kelas tiga SD, malah pengen bantuin pakde cari pakan buat sapinya...

kangen sama mbak Yani yang suka ngedengerin kaset Raihan, Snada, The Fikr lewat tape.. sama diskusi-diskusi masalah agama..

kangen sama ceritanya mbak Nofi tentang pertanian UNS...tentang teman-teman kuliahnya, tentang pengalaman serunya...

kangen juga sama pakde, kangen bau komboran yang beliau masak buat sapi-sapinya...kangen suara kunyahan rumput di mulut si sapi...

kangen juga sama mbah Putri, yang suka nyeritain Jepang sama Belanda yang sempat ditemuinya..kangen waktu mbah bilang "Mbah harus dandan seburuk-buruknya biar tentara asing ga pada naksir..." lalu beliau tersipu-sipu...

kangen juga pergi ke sawah, makan nasih pakai daun pisang di gubuk, bau pupuk teletong sapi..

kangen main di air, lalu diam-diam nyuri kacang di ladang tetangga..

ah...
dan sekarang, saya di Semarang, seperti Bapak dulu..
saya sedang belajar peternakan, tanpa harus berhenti sekolah..
saya suka mendengaran nasyid, lewat laptop..
saya sedang jadi mahasiswa...dengan segenap pengalaman seru saya...
saya juga sering berjumpa dengan ternak, belajar tentangnya..
saya sering membaca buku dan berdiskusi tentang sejarah Indonesia...
tapi sudah jarang ke sawah dan makan di gubuk...
juga tidak lagi pernah mencuri hasil pertanian milik orang...

dan lalu saya sadar bahwa semua yang terjadi di masa lalu, membawa saya di jaman sekarang ini...
semuanya telah diaturNya...

tapi saya masih kangen..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar