4 Juli 2012

saat tak ada lagi nasehat darimu

"Kok gak pernah kirim sms motivasi lagi, peh?" celetuk salah seorang kawan ketika kami tinggal satu rumah waktu PKL,
saya hanya bisa menjawab
"Iya ya, iya deh, nanti ku kirim lagi"

Dan saya hanya bisa tersenyum kala itu..
Memang, saya bertanya pada diri saya, kemana saja saya selama ini?
Ketika waktu dulu, rajin membaca buku, rajin membuka internet untuk mencari bahan tulisan maupun berita untuk renungan, ataupun artikel motivasi untuk dibagi kepada teman-teman..
Tapi sempat dalam sekali tempo, saya seperti kehilangan arah dalam hidup, kehilangan jatidiri.. hanya mengikuti arus gelombang kebanyakan orang..
Alhamdulillah, akhir-akhir ini juga sudah kembali lagi seperti saya yang dulu, cukup rutin mengirim sms ke teman-teman, entah berisi ayat al quran, hadits, atau kata-kata motivasi..itupun karena diingatkan dengan jujur oleh teman saya..

Sabtu kemarin, mendapat tausyiah yang cukup menohok tentang intrapersonal dan interpersonal. Intrapersonal adalah interaksi kita dengan diri kita dan Allah SWT, sementara interpersonal adalah bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain. Jika intrapersonal kita baik, insyaAllah interpersonal kita pun baik..

Mari sejenak berpikir, adakah selama ini kita sudah baik dalam mengelola intrapersonal kita? Apakah kita mengutamakan Allah dalam segala hal? Ataukah niatan kita dalam melakukan sesuatu hanya untuk terlihat baik?


Memang, jika kita baik secara intrapersonal, belum tentu kita baik secara interpersonal. Tapi yang menjadi introspeksi adalah, ketika interpersonal kita bermasalah, cek ulang keadaan diri kita, pasti ada yang tidak beres dengan intrapersonal kita..

Bisa jadi kita semakin jauh dari Allah, bisa jadi kita terlalu sering membiarkan diri kita terpuruk dan jarang meng-upgrade diri kita, baik dengan banyak membaca hal-hal baik, dengan banyak berkumpul bersama orang-orang baik, ataupun melakukan hal-hal baik..

Maka mari, mendekat padaNya, hingga kita merasakan kenikmatan iman bersamaNya. Mari, jangan hanya mengikuti arus, tapi naiklah kapal, mempimpin mengarahkan layar lurus kepadaNya.

*sumber gambar :
4kiki.com
islamic-quotes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar