26 Desember 2009

SDM Indonesia


Iseng-iseng baca bukunya pak Din Syamsuddin ttg masyarakat madani... jd malu sendiri,, ini beberapa kata yg berhasil membikin geli sekaligus semangat dlm menghadapi hari esok..

Harus diakui bahwa bangsa Indonesia masih menghadapi masalah mendasar dalam hal kualitas sumber daya manusia. Secara umum, kehidupan masyarakat kita masih diliputi oleh lemahnya kualitas pengamalan disiplin nasional dan etos nasional. Hal ini ditunjukkan, umpamanya, oleh rendahnya penghargaan terhadap waktu, lemahnya penghayatan nilai kualitas dan prestasi, serta penghayatan terhadap norma-norma hokum.
Menghadapi tantangan persaingan antarbangsa yang semakin keras di masa depan, bangsa Indonesia perlu mengembangkan beberapa sikap orientasi yang kondusif kepada kemajuan, yaitu :
a.       Orientasi kepada perbuatan (action oriented)
b.      Orientasi kepada kualitas (quality oriented)
c.       Orientasi kepada tujuan (goal oriented)
d.      Orientasi kepada masa depan (future oriented)
Dalam hal ini, seorang manusia modern yang maju adalah yang cenderung merealisasikan segala cita, rasa, dan karsa dalam bentuk karya nyata, dan kemnudian senantiasa mengembangkannya. Manusia dan masyarakat modern memiliki beberapa kecenderungan antara lain :
1.       Bersifat rasional dalam menghadapi segala hal, yaitu dapat memberikan pertimbangan  secara logis dalam menentukan pilihan
2.       Bersifat terbuka (outward looking) yaitu toleran, apresiatif dan akomodatif terhadap perkembangan di luar dirinya yang dinilai mengandung kebaikan
3.       Disiplin terhadap waktu, yaitu kecenderungan untuk mengisi dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Disiplin waktu ini melahirkan kecenderungan hidup yang berencana dengan perencanaan strategis dan berorientasi pada efisiendi dan efektivitas kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar