22 Maret 2013

Tentang Mimpi, dan Ceritanya


Wew,,
Saya memastikan, agar tiap peristiwa yang terjadi pada diri saya adalah peristiwa yang mengandung hikmah...
Dan kini, saya tidak ingin memaksa, bahwa kegiatan penelitian saya mengandung banyak hikmah yang bisa dipetik, setidaknya untuk saya pribadi...sehingga sangat memalukan jika kemudian saya tidak bersyukur...
Ketika saya meminta pada Allah untuk dikaruniai banyak ilmu dan pemahaman, Dia memberikannya secara cuma-cuma...
Dan ilmuNya memang sangat luas, hingga kadang kita tidak mengerti, bukan karena ilmuNya yang luas itu terlalu rumit untuk dimengerti, tetapi karena kemampuan kitalah yang terbatas, sehingga mungkin, perbandingan antara mengeluh dan bersyukur semakin luas...

Simpel sekali, ketika jauh-jauh hari saya ingin sekali mengetahui seluk beluk peternakan kambing, Allah tidak serta merta mewujudkannya dalam keseharian saya.. misalnya, ketika praktikum manajemen ternak potong dan kerja dulu, Allah mengijinkan saya untuk mempelajari peternakan babi, bukan kambing, padahal saya juga ingin belajar banyak mengenainya... PKL pun begitu, meski ketika saya menjalaninya, saya tidak memikirkan, kenapa saya tidak diberi kesempatan untuk PKL di peternakan kambing, dan saya menjalani PKL di peternakan ayam dengan fun-fun saja... pun beranjak ke penelitian, yang dari awal digadang-gadang untuk meneliti kerbau, jauh sekali pikiran saya tentang kambing, atau, ya terkubur begitu saja tanpa saya sadari. Lalu kini, ketika sebuah keputusan diambil terkait pelaksanaan penelitian, saya diberi kesempatan untuk meneliti tentang kambing, bukan lagi kerbau.. dan dari peristiwa-peristiwa yang terjadi selama penelitian ini, saya merasa, seakan Allah membuka kembali, memunculkan kembali, menghidupkan kembali mimpi-mimpi tentang kambing yang pernah tanpa sengaja terkubur oleh peristiwa sehari-hari...
Dan entahlah, saya selalu mengagumi cara-caraNya dalam menjadikan saya mengambil pelajaran... saya diperkenankan untuk melihat peternakan kambing tidak hanya di satu tempat, tidak hanya di satu jenis peternakan, dan tentunya, tidak hanya milik seseorang, tapi milik beberapa peternak, dengan berbagai sistem peternakan, dengan kambing berbagai ras...dan tentunya, dengan kondisi iklim yang sangat beragam..ah, indah kan?
Pun orang-orang yang saya temui, sangat beragam.. mulai dari orang-orang dinas, peternak veteran yang sangat berpengalaman selama puluhan tahun, peternak baru yang memiliki banyak ide segar untuk masyarakat, kelompok tani ternak yang sangat aktif dan lama berdiri, yang sangat aktif meski baru berdiri, yang hidup segan mati tak mau dengan msa hidup yang cukup lama,, sampai dengan peternak-peternak kecil yang berharap-harap cemas dengan kondisi peternakannya sendiri..
Ataupun, saya jadi lebih banyak tahu tentang karakter orang, ah, ini lebih kepada permintaan saya padaNya terkait kondisi saya yang sangat jarang bergaul, lalu Allah memperkenankan saya untuk mengetahui orang-orang lain lebih banyak dan lebih beragam dalam usia yang mungkin sudah siap dalam bergaul...
Atau tentang tempat-tempat di kota Semarang yang sangat ingin saya kunjungi, setidaknya, Allah mengijinkan saya untuk mengetahui letak-letak tempat yang dulu sering ayah saya bicarakan di masa kerjanya selama di Semarang..
Baru tadi malam, saya melewati Kantor BRI Unit Sampangan dan Menoreh, tempat dimana dulu ayah pernah berkarya.. betapaaa...
Bukan hanya tentang ilmu yang saya tekuni, tentang peternakan
Bukan hanya tentang mimpi-mimpi besar saya dan ayah, tentang peternakan kambing
Bukan hanya tentang tempat-tempat yang sangat ingin saya kunjungi, seputar Semarang
Bukan hanya tentang indahnya silaturahmi, bertemu berbagai macam manusia
Bukan hanya bagaimana ibu menginginkan saya menjadi mandiri dan dewasa, Allah memberikan semua yang sudah dan belum saya minta ,,
Hingga saya mampu memahami, betapa jika kita memintaNya memberi, Dia akan memberikan yang lebih dari apa yang kita minta
Betapa jika kita sungguh-sungguh mencintaiNya, Dia akan memberikan bukti cinta yang sangat banyak, sangat beragam..
*ingatkan saya jika saya lemah ya, saya juga banyak mendapat teguran untuk terpental dari jalan ini =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar