17 September 2013

7 Poin Penting Akhlak Yang Baik

Masih lekat di ingatan, nasehat sang guru dari doa bercermin,
اَللَّهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ
Allaahumma kamaa hassanta kholqii fa hassin khuluqii
Artinya : “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku

Beliau menasehati kami tentang bagaimana doa ini bisa menjadikan kita memiliki akhlak yang baik.

Dan ini tujuh poin tentang mengapa akhlak yang baik itu penting :) :

1. Ada hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan bahwa mukmin yang sempurna adalah yang baik akhlaknya. "Kaum mukminin yang paling sempurna imannya ialah orang yang paling baik akhlaknya." (HR.Ahmad & Abu Daud).

2. Bahwa Islam memang mengajarkan akhlak yang baik :). "Di antara akhlak seorang mukmin adalah berbicara dengan baik, bila mendengarkan pembicaraan tekun, bila berjumpa orang dia menyambut dengan wajah ceria dan bila berjanji ditepati." (HR. Ad-Dailami)

3. Dia yang baik akhlaknya, dia yang dicintai Allah :). Ummu Salamah, isteri Nabi Saw bertanya, "Ya Rasulullah, seorang wanita dari kami ada yang kawin dua, tiga dan empat kali lalu dia wafat dan masuk surga bersama suami-suaminya juga. Siapakah kelak yang akan menjadi suaminya di surga?" Nabi Saw menjawab, "Dia disuruh memilih dan yang dia pilih adalah yang paling baik akhlaknya dengan berkata, "Ya Robbku, orang ini ketika dalam negeri dunia paling baik akhlaknya terhadapku. Kawinkanlah aku dengan dia. Wahai Ummu Salamah, akhlak yang baik membawa kebaikan untuk kehidupan dunia dan akhirat." (HR. Ath-Thabrani)

4. Di hari kiamat nanti, paling dekat tempat duduknya dengan Rasulullah. "Sesungguhnya orang yang paling aku cintai di antara kalian, dan orang yang paling dekat duduknya denganku pada hari kiamat ialah orang yang paling baik akhlaknya di antara kalian." (HR.Bukhari)

5. Timbangan kita berat :) "Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan (pada hari kiamat) dari akhlak yang baik." (HR. Abu Dawud)

6. Bisa punya peringkat yang sejajar dengan ahli ibadah. "Sesungguhnya seorang hamba dengan akhlak yang baik pasti dapat mencapai derajat akhirat yang agung dan tempat yang mulia, kendati ibadahnya lemah." (HR.Thabrani)

7. Anugerah terbaik bagi seorang muslim, ya akhlak yang baik :). "Kemuliaan orang adalah agamanya, harga dirinya (kehormatannya) adalah akalnya, sedangkan ketinggian kedudukannya adalah akhlaknya". (HR. Ahmad dan Al Hakim)

Dan dari nasehat itu, saya tercenung, karena beberapa hari yang lalu sedang bertanya-tanya tentang akhlak yang baik. Seakan-akan dibukakan untuk jauh lebih memahami akhlak yang baik :). Saya jadi pengen share juga tentang beberapa akhlak yang baik :). 

Karena kata guru saya itu, dengan akhlak yang baik, kita masih punya kesempatan untuk mendapat ridhoNya, untuk meraih surgaNya, meski mungkin kita bukan ahli ibadah :). Seperti poin ke 6 itu, baca lagi ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar