2 Agustus 2012

sejuta cerita tentangnya

KKN, bukan apa-apa... kadang membuat kita kehilangan jati diri yang selama ini kita pertahankan...
hmmmm... bagi mereka yang jomblo nih, KKN bisa menjadi godaan iman tersendiri untuk tidak lagi sendiri..bagaimana tidak, selama satu bulan hidup berdampingan dengan lawan jenis yang mau tidak mau, pasti ketahuan watak aslinya. Iya kalau ternyata lawan jenis itu biasa-biasa saja..lha kalau luar biasa??? Jomblo lagi,,, pasti ada 'sesuatu' yang lain...

Oops,, saya tidak sedang tergoda karena KKN, hanya saja, ingin berbagi dengan teman-teman semua mengenai KKN yang sejatinya merupakan miniatur kehidupan bermasyarakat. Karena dari sini, kita akan sangat banyak belajar bagaimana bekerjasama dengan mereka yang berbeda, baru kenal, dan bersama-sama terjun ke masyarakat dengan segenap ilmu yang pernah diperoleh..

Bagi yang terbiasa hidup satu rumah dengan sesama jenis (perempuan dg perempuan serta laki-laki dg laki-laki), KKN merupakan sebuah tantangan. Bagi yang terbiasa lepas jilbab dan kaos kaki di dalam rumah karena hidup serumah dengan sesama muslimah, KKN juga adalah tantangan. Bagi yang biasa berbonceng-bonceng dengan sesama perempuan, KKN juga menjadi tantangan... Belum lagi bagi yang biasa bekerja sendiri, maka KKN adalah ajang kerjasama yang tidak main-main.. Atau, bagi yang terbiasa dengan lingkungan yang bersih..KKN merupakan pembuktian akan penjagaan kebersihan lingkungan..dan masih banyak lagi definisi KKN untuk sebuah tantangan.

Ah, yaa.. tentang ilmu yang diperoleh selama kuliah, jika kita tidak pintar-pintar menggabungkannya dengan kejadian nyata di masyarakat, kita hanya akan jadi bulan-bulanan di masyarakat : dianggap sok tahu kalau bisa menjawab sesuai dengan teori tapi kurang cocok dengan keadaan. atau dianggap tidak tahu apa-apa saat memilih untuk tidak menjawab demi tidak ingin memberikan informasi yang salah pada masyarakat..

maka, bagi kawanku yang belum terjun untuk Kuliah Kerja Nyata, banyak-banyaklah menimba ilmu tentang bermasyarakat, tentang menghargai perbedaan, tentang bekerjasama, tentang keutamaan melihat sisi baik, tentang menjaga sebuah iman, bukan karena takut pada dosen atau guru ngaji, tapi padaNya Yang Maha Tahu..J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar