30 Maret 2011

jangan pernah iri

sekarang, sedang hotspotan di perpustakaan kampus, dan melihat fenomena orang-orang di sekitar yang terus menerus mengembangkan diri mereka. berat rasanya melihat mereka, tapi diri saya sendiri memang tergolong tidak mau untuk maju seperti mereka..saya memilih untuk terkungkung dalam apa adanya diri saya...
tanpa harus merasa lebih tinggi atau lebih rendah, saya hanya merasa tidak nyaman dengan adanya diri saya saat ini...
sering, saya membiarkan mereka terbang dan memilih jalan mereka sendiri, tanpa harus memperhatikan bagaimana kelanjutan mereka...
namun sering, saya juga merasa bahwa apa yang mereka lakukan adalah untuk pengembangan diri mereka, bukan untuk bagaimana mereka lebih bermanfaat bagi orang lain, Maka dari itu saya sering berpikir bahwa tanpa progres saya yang sebaik mereka, saya tidak akan pernah iri karena banyak orang di sekitar saya yang masih mau mengingatkan saya bahwa apapun yang saya lakukan, lakukanlah karena untuk beribadah pada Allah SWT, lakukan sesuatu untuk kebermanfaatan bagi orang lain, lakukan sesuatu bukan semata-mata untuk mendapatkan penghargaan ataupun mengembangkan kemampuan pribadi...
dan kini, saya membiarkan diri saya yang apa adanya ini untuk berhenti mengeluhkan hal-hal yang tidak penting. Dan bahwa kemajuan seseorangpun tidak hanya dinilai dari bagaimana mereka dapat mengikuti berbagai macam perlombaan dan memenangkannya. Bahwa mau peduli dengan orang lainpun, di saat sebelumnya tidak pernah peduli, maka itu adalah suatu kemajuan... bahwa mampu mengatur emosi di saat sebelumnya hanya mampu marah-marah, merupakan sebuah kemajuan...dan jangan pernah iri dengan keberhasilan orang lain, karena Allah telah mengatur rizki tiap-tiap makhlukNya...

1 komentar: